Mobile

Google Photos: Ruang Penyimpanan Foto Tanpa Batas Yang Gratis Dan Handal

Pada pertengahan tahun ini, Google memperkenalkan layanan baru bernama Google Photos untuk smartphone Android dan Iphone serta web yang terpisah dari Google+. Layanan ini menyediakan fitur utama berupa ruang penyimpanan unlimited di cloud.

Dengan Google Photos, kita bisa mengunggah foto dari smartphone Android dan iPhone ke server google tanpa batasan ukuran dan waktu, semua gratis. Google akan mempertahankan resolusi asli foto sampai dengan 16 megapiksel dan video 1080p. Untuk resolusi foto yang lebih besar daripada itu, Google akan melakukan kompresi dan resize.

Bagi pengguna DSLR/mirrorless yang ingin menggunakan Google Photos, anda bisa memilih opsi “Kualitas Asli” sehingga foto dengan resolusi lebih dari 16 MP tidak akan di kompres dan di resize namun Google Photos akan menggunakan batas ukuran 15 GB yang tersedia bagi semua pengguna Google sehingga lambat laun anda harus membeli ruang penyimpanan dari Google. Google juga menyediakan opsi untuk file RAW dari mayoritas kamera DSLR, Mirrorless dan pocket high-end.

Pada intinya: untuk foto dari kamera smartphone Android dan Iphone (foto JPEG ukuran kurang dari 16MP) kita boleh menggunakan Google Photos gratis tanpa batasan apapaun. Untuk foto dari kamera serius dengan resolusi lebih dari 16MP dan berjenis RAW, kita lama-lama harus membayar untuk ruang penyimpanan tambahan (tarif saat ini: US$ 2/bulan untuk space 100GB) kalau tidak mau foto anda dikompres jadi 16MP.

google-photos-pencarian-visual

Selain gratis dan tanpa batas untuk foto 16MP, fitur paling keren dari Google Photos adalah kita bisa mencari melakukan pencarian secara visual dengan bantuan “Assistant”. Tanpa harus repot memberi judul yang akurat atau deskripsi, server Google akan mencoba menerjemahkan isi visual foto. Foto gunung akan muncul saat anda melakukan pencarian dengan kata kunci “mountain”. Foto pantai akan otomatis muncul saat anda melakukan pencarian “beach” dan seterusnya. Cukup mengetik “borobudur”, maka Google akan mencari semua foto anda dengan lokasi di sekitar Borobudur. Begitu juga dengan tanggal dan tahun, ketik 2013 dan semua foto yang diambil tahun 2013 akan muncul. Belfot belum mencoba untuk keyword bahasa Indonesia, namun pencarian dengan Bahasa Inggris cukup akurat.

google-photos-pencarian-visual-2

Fitur lainnya berupa editing foto yang cukup standar, opsi untuk mengubah serangkaian foto menjadi slidewhow, kolase, animasi dan lain-lain yang cukup keren.

Nah, belum lama ini Google juga menambah satu fitur keren ke dalam Google Photos yaitu Shared Album. Dengan Shared Album ini kita bisa membuat satu album secara kolaborasi. Sebagai contoh: katakanlah anda sedang liburan ke Bali bersama 3 orang teman/keluarga lainnya. Anda lalu membuat Shared Album di Google Photos dan mengundang 3 orang lainnya untuk berkolaborasi, sehingga album ini dimiliki bersama anda dan 3 orang lainnya. Dengan begitu semua bisa saling mengupload foto dari smartphone masing-masing ke dalam satu album.

Video singkat di bawah ini cukup menjelaskan bagaimana Google Photos bekerja saat kita membuat shared album:

Google Photos bisa anda unduh dari Google Play Store untuk platform smartphone Android, Apple App Store untuk iPhone dan bisa diakses di web.