Download Olah Digital

GIMP: Alternatif Gratis Untuk Photoshop

GIMP adalah aplikasi perangkat lunak edit foto yang gratis tis tis. Banyak orang mengibaratkan hubungan GIMP (Gnu Image Manipulation Program) terhadap Photoshop seperti halnya Linux bagi Windows. Yang satu gratis sementara satunya lagi mahal. Photoshop memang canggih dan kemampuan foto editingnya luar biasa, namun harganya sangat mahal. Per hari ini, Photoshop CS6 dijual dengan harga Rp 7 Juta di Indonesia (wuih). Kenyataan ini membuat banyak orang membajak untuk bisa menggunakan Photoshop tanpa harus membayar. Disini saya tidak ingin memperdebatkan software bajakan halal atau haram. Namun yang jelas bagi anda yang ingin mencari alternatif gratis bagi Photoshop, GIMP adalah pilihan paling bagus.

Gimp

Dimana saya bisa mendownload GIMP ?

Salah satu fitur terpenting GIMP adalah bisa jalan disemua sistem operasi komputer, baik Windows – Mac atau Linux. Aplikasi ini bahkan bisa diinstall di USB drive dan menjadi aplikasi portabel.

Anda bisa mengunduhnya di sini. Sementara versi portabel (windows only) bisa anda download disini. Bagi pemakai Windows, membuka GIMP pertama kali terasa agak canggung karena semua jendela tampak melayang, tutup semua applikasi lain yang tidak diperlukan supaya lebih enak melihatnya. Bagi pemakai Mac, konsep floating ini sudah terbiasa.

Fitur GIMP

Gimp windows crop

GIMP bisa membaca hampir semua format file: dari standar JPG sampai PSD, kita juga bisa memanfaatkan plug in untuk menambah kompatibilitas dengan format file lain. GIMP juga memiliki sederet fitur dasar: cropping, rotasi, adjustment warna. Fitur penting lain yang kita jumpai di Photoshop juga tersedia disini: curve adjustment, hue saturation, sharpening, channel mixing, layer masking, clone stamp, healing brush dan level.

Semua fiturnya tersedia dalam kotak berisi ikon dengan masing-masing fungsi. Lihat gambar dibawah ini:

Gimp2

Secara filosofi fungsi, GIMP tidak berbeda jauh dari Photoshop. Hanya mungkin karena dia merupakan aplikasi open source yang dibuat banyak orang secara gotong royong, kesan kurang rapih dan kurang halus muncul.  Bagi anda yang ingin mencobanya, sedikit kesabaran, mau membaca manual dan suka otak-atik akan banyak membantu karena memang butuh adaptasi dan kurva pembelajaran yang baru. Oke selamat mencoba, tidak ada salahnya toh gratis.