Galeri

Melihat Foto Para Pemenang Sony World Photography Awards 2016

Beberapa bulan lalu, belfot menulis tentang Sony World Photography Awards, salah satu lomba foto paling bergengsi dan dengan hadiah terbesar di dunia. Belum lama ini, panitia telah mengumumkan siapa saja pemenang lomba untuk edisi tahun 2016, baik kelas profesional maupun kelas open dan youth.

Berikut ini beberapa foto pemenang untuk kelas profesional di beberapa kategori terpilih:

Kategori Landscape

Swp landscape
© Maroesjka Lavigne, Belgia

Maroesjka Lavigne memotret kondisi landscape di gurun di Namibia dimana hewan sering menyaru dengan lingkungan sekitar dan tampak tak jelas buat mata yang tidak jeli. Lihat galeri juara landscape ini.

Kategori Arsitektur

Swp arsitektur
© Amelie Labourdette, Perancis

Untuk membuat foto-foto unik ini, Amelie Labourdette berkelana ke pulau Sicilia di Italia dan memotret serangkaian proyek bangunan yang belum selesai namun sudah ditinggalkan developer-nya sehingga saat ini hanya berfungsi sebagai pengumpul debu. Untung dia tidak berkelana di Indonesia dan memotret beragam proyek mangkrak di sini. Lihat portofolio Empire of Dust.

Katgeori Portrait

Swp portrait
© Marcello Bonfanti, Italia

Fotografer asal Italia ini memotret mereka yang masih bertahan hidup setelah terkena serangan virus Ebola yang mematikan di Sierra Leone, Afrika. Ada sekitar 4000 orang meninggal seteleh terkena virus ini, dan hanya segelintir yang bertahan hidup hingga hari ini. Lihat portofolio Ebola Survivors.

Kategori Konseptual

Swp konsep
© Julien Mauve, Perancis

Julien membuat satu portofolio foto Greetings From Mars dengan konsep petualangan dua astronot di planet Mars untuk menggambarkan interaksi antara manusia dengan alam sekitar yang baru dikenalnya. Ada pertanyaan yang diajukan Julien, apakah kita melakukan traveling benar-benar untuk menemukan tempat baru, mengenal budaya baru, ataukah hanya sekedar agar kita bisa berfoto dan membuktikan eksistensi kita.

Kategori Lingkungan

Swp lingkungan
© Kevin Frayer, Amerika Serikat

Kevin Frayer mengunjungi festival berburu elang di daerah perbatasan China dan Mongolia untuk memotret bagaimana tradisi berburu elang ini mulai punah dan bagaimana generasi tua sedang mati-matian mengajarkannya kepada generasi penerus. Silakan lihat Eagle Hunters of Western China.

kategori Orang

Swp orang
© Kevin Frayer, Amerika Serikat

Masih Kevin Frayer. Dia memotret kehidupan suku nomaden di daerah Tibet yang menghadapi tantangan karena cara hidup mereka yang berpindah-pindah ingin diubah oleh pemerintah tiongkok. Lihat Nomadic Life Threatened on the Tibetan Plateau.

Fotografer Terbaik Tahun 2016

Swp fotografer terbaik
© Asghar Khamseh, Iran

Kategori pemenang tertinggi di kontes foto ini dimenangkan oleh fotografer Iran yang memotret para korban serangan senjata kimia. Melihat serangkaian foto yang ada di album Fire of hatred ini, memang benar bahwa senjata kimi adalah senjata terkejam di dunia. Bagaimana mereka melukai dan mencabik-cabik bukan hanya fisik namun juga penderitaan mental bagi para korban. Kalau anda punya keberanian, silakan lihat Fire of Hatred.

Daftar lengkap pemenang di semua kategori dan kelas, bisa anda lihat di laman resmi Sony World Photography Awards 2016.

Semua foto hak cipta fotografer masing-masing dan milik Sony World Photography Awards.