Inspirasi

Fotografer Ini Kumpulkan Uang Rp. 12 Miliar Berkat Foto Potret-nya

fotografer-potret-brandon

Bagi fotografer Brandon Stanton, menyumbang sampai jutaan dolar untuk sebuah SD bukanlah impiannya. Saat memulai proyek Humans Of New York, Brandon hanya ingin membuat potret penduduk kota New York yang ditemuinya di jalan, mencatat kisah kehidupan mereka kemudian menerbitkannya di website proyek.

Siapa sangka proyek sederhananya tadi menjadi sangat populer. Humans of New York telah dilihat oleh puluhan juta orang sejak tahun 2010. Namun pencapaian terbesar Brandon bukanlah itu, ada yang jauh lebih fenomenal dibanding jumlah pengunjung situs-nya.

Salah satu seri foto portret karyanya telah berhasil mengumpulkan lebih dari 1 Juta Dolar ( = Rp. 12,7 Miliar ) uang sumbangan dari masyarakat yang bersimpati. Ceritanya berawal dari Brandon yang memotret anak 13 tahun yang masih bersekolah di sebuah SD di kawasan kumuh kota New York. Vidal nama anak itu.

Selesai memotret Vidal kemudian Brandon meminta si anak bercerita. Atas pertanyaan “Siapa orang yang paling memberimu inspirasi?” Vidal menjawab Ibu kepala sekolah di SD-nya. “Kenapa?”, tanya Brandon. Jawaban Vidal membuat Brandon terhenyak:

Karena saat kami nakal, beliau tidak menghukum kami. Beliau hanya memanggil kami ke ruangannya lalu menjelaskan bagaimana kami adalah harapan seluruh masyarakat. Lalu beliau bercerita bahwa setiap kali ada 1 siswa dropout, berarti ada 1 ruang penjara yang harus dibangun. Suatu ketika beliau mengumpulkan semua murid, menyuruh kami berdiri satu persatu sambil berkata pada masing-masing anak bahwa kami adalah orang yang sangat berarti baginya..

Begitu diunggah ke website dan halaman facebook page proyek, foto dan jawaban Vidal di atas memperoleh respons yang luar biasa. Hal itu membuat Brandon datang ke sekolah Vidal, memotret sang Kepala Sekolah dan teman sekelas Vidal. Brandon juga mendaftarkan sekolah tadi ke situs crowdfounding indiegogo, dimana masyarakat luas bisa memberikan sumbangan uang, langsung ke sekolah.

Dan luar biasa. Hanya dalam waktu 8 hari, puluhan ribu orang telah menyumbang dan terkumpul 1,1 Juta dolar amerika. Pihak sekolah mengatakan bahwa hasil sumbangan nantinya akan digunakan untuk membawa semua siswa kelas 6 setiap tahun pergi dan melihat Universitas Harvard agar terinspirasi melanjutkan sekolah, dan juga digunakan sebagai beasiswa yang membantu para lulusan yang kurang mampu. Dan penerima beasiswa pertama adalah Vidal.

Vidal new york
Kisah tadi telah diliput di TV Amerika sana. Berikut cuplikan-nya:

via petapixel.