Bagaimana Memotret Satu Pohon Yang Sama Selama Lima Tahun

Fotografer Inggris, Kevin Day, memiliki sebuah ide dan proyek unik. Dia ingin memotret satu pohon mati yang ada di dekat rumahnya. Dia ingin mendokumentasikan pohon tersebut dalam berbagai musim, berbagai kondisi cahaya dan dari sudut berbeda. Tak dinyana, proyek tersebut berjalan selama 5 tahun. Dia menamakan proyeknya “My Friend, The Dead Tree

A gentle glow

Diwawancarai, Kevin Day mengatakan ada satu hal yang membuatnya sangat excited:

Pohon tua satu ini tidak pernah berubah selama bertahun-tahun, namun saya bisa memotret ratusan foto darinya selama bermusim-musim dan hanya sedikit yang terlihat sama. Semua disekililing pohon terus berubah, namun pohonnya sendiri selalu konstan.

Tips Kevin Day bagi siapapun yang ingin meniru idenya?

Untuk memotret seri foto outdoor seperti ini, anda harus bisa mempertahankan ketertarikan pada subyek dalam periode waktu yang lama, jadi pastikan anda menikmati prosesnya. Dan seperti sudah saya katakan, faktor yang berubah adalah cahaya, jadi pilih subyek foto yang terlihat menjadi hidup saat cahayanya sedang bagus-bagusnya, pagi buta atau petang. Yang saya nikmati dari proses memotret subyek yang sama ini adalah, melalui perulangan saya menemukan posisi dan angle terbaik, jadi setelah itu saya bisa berkonsentrasi pada exposure agar sesuai keinginan dan sedikit bisa melupakan soal komposisi.

A break in the weather

This autumns colours

Still a star in my eyesStill waiting

Lost in the crowd

Blowing the highlights.jpg

Chilled

We've all been here before

Lost fantasies

The curtains part for the star

He was deathly pale

Pale mist and feathered shadows

This must be autumn

Sitting

Dead branches

Semua foto karya Kevin Day. Lihat seri foto My Friend The Dead Tree lebih lengkap (sekitar 200 foto) disini dan disini. (via petapixel)