Galeri Inspirasi

Inilah Foto-foto Pemenang Kontes World Press Photo 2014

Fotografer Denmark Mads Nissen memenangkan kontes foto paling bergengsi di dunia untuk para wartawan foto, World Press Photo tahun 2014. Foto karyanya yang berjudul Jon And Alex menyisihkan hampir 100 ribu foto dari 131 negara. Juri terdiri dari 17 fotografer dan pelaku industri fotografi kelas dunia.

Untuk kontes World Press Photo 2014 ini, ada fakta yang cukup mengejutkan bahwa 20% dari semua foto yang menembus final harus diskualifikasi karena foto nya telah terlalu banyak diproses dan di retouch dari file asli yang keluar langsung dari kamera.

Jenis pelanggaran terbesar adalah menghilangkan detail kecil dari foto asli agar foto tampak lebih “bersih”. Pelanggaran lain yang juga sering dilakukan adalah dengan mengubah warna asli secara berlebihan. “Kedua jenis retouch ini menghancurkan integritas gambar, jadi harus ditolak.” jelas direktur kontes, Lars Boering. Namun melihat fakta bahwa sampai 20% foto finalis yang terkena hukuman, mungkin komunikasi antara panitia dan para jurnalis mengenai aturan dan etika mengedit foto bisa diperjelas dan disamakan.

Beikut ini foto-foto para pemenang World Press Photo 2014 untuk masing-masing kategori:

Kategori Nature

Pemenang Pertama:
Wpp nature 1

Seekor monyet tampak ketakutan saat dilatih untuk sebuah sirkus di Suzhou, China. Fotografer: Yongzhi Chu (China).

Pemenang Kedua:
Wpp nature 2

Sekelompok calon pemburu suku Samburu (Kenya) tengah belajar menangkap badak untuk pertama kali. Fotografer: Ami Vitale (USA).

Pemenang Ketiga:
Wpp nature 3

Angelo, orang utan berumur 14 tahun tampak sedang menjalani perawatan di sebuah pusat konservasi orang utan di Sumatra. Fotografer: Sandra Hoyn (Jerman).

Kategori Kehidupan Sehari-hari

Pemenang Pertama:
Wpp dl 1

Suku Yi berkumpul di sebuah pasar hewan untuk berdagang sapi dan kuda. Fotografer: Cai Sheng Xiang (China).

Kategori Potret

Pemenang Pertama:
Wpp portrait 1

Seorang gadis muda dari kalangan miskin dan terisolasi di Moree – Australia, menunggu bis menuju kebaktian gereja. Fotografer: Raphaela Rosella (Australia).

Kategori Sports

Pemenang pertama:
Wpp sports 1

Leo Messi tampak bersedih atas kekelahan timnya di final sambil matanya menatap trophy Piala Dunia 2014 di Brazil. Fotografer: Bao Tailiang (China).

Kategori Berita Umum

Pemenang pertama:
Wpp general news

Sebuah dapur tampak berantakan dan terbengkalai sebagai akibat dari konflik di timur Ukraina. Fotografer: Sergei Ilnitsky (Rusia).

Kategori Berita Spot

Pemenang pertama:
Wpp spot

Seorang gadis tampak terluka akibat perkelahian polisi Turki dan para protestan dalam pemakaman Berkin Elvan yang mati dalam demonstrasi anti pemerintah. Fotografer: Bulent Kilic (Turki).

Kategori Proyek Jangka Panjang

Pemenang Pertama:
Wpp ltp
Sebuah proyek foto sepanjang 21 tahun yang mengikuti kisah hidup tragis seorang ibu muda yang menyandang AIDS. Proyek dimulai sejak wanita diatas berumur 18 tahun sampai hari ini. Fotografer: Darcy Padilla (USA).

Juara Umum dan Pemenang Pertama Kategori Kontemporer

Wpp ju

Fotografer Mads Nissen memotret sepasang homoseksual Rusia, Jon dan Alex. Fotografer: Mads Nissen (Denmark).

Anda bisa melihat galeri lengkap para pemenang kontes World Press Photo tersebut disini.