Nama Tukang Catat Meteran Air Ini Mendunia Berkat Karya Fotonya Yang Unik

Foto Tao liu street 5

Namanya adalah Tao Liu, warga Cina berusia 32 tahun. Sehari-hari Tao bekerja sebagai pencatat meteran PDAM dari rumah ke rumah. Sepintas, dari profesinya tidak ada yang istimewa. Namun Tao juga memilik hobi fotografi. Kemanapun dia pergi, sebuah kamera mirrorless Fuji X100 selalu dibawanya. Dan untuk saat ini, Tao Liu adalah salah satu fotografer paling terkenal di Cina dan namanya juga cukup mendunia.

Karya-karya foto Tao Liu mendadak terkenal setelah fotonya menjadi viral di Weibo (cloning-nya Twitter di Cina). Dari situ, popularitas Tao meledak. Dari diliput oleh CCTV (jaringan TV nasional Cina) sampai majalah Time pun meliputnya. Dan ratusan website fotografi barat pun menulis dan mempublikasikan karya foto Tao.

Apa sih yang bikin foto-foto karya Tao Liu terkenal? satu-satunya resep Tao adalah bakat dan kejeliannya menangkap momen unik dalam setiap fotonya. Saat diwawancarai Time, Tao mengaku bahwa inspirasi terbesar datang dari Daido Moriyama, fotografer legendaris Jepang dan salah satu bapak genre street photography. Meski tidak berpendidikan formal, Tao belajar dari banyak majalah fotografi yang dibelinya dan nekad menggunakan proxy agar tetap bisa menonton video fotografi di Youtube yang memang dilarang di Cina. Boleh dibilang, Tao belajar secara otodidak.

Foto Tao liu street 4

Dalam setiap waktu luang bahkan saat masih bekerja, Tao akan berjalan-jalan di mengelilingi Heifei, sebuah kota ci bagian timur Cina dan mengamati setiap momen sambil sesekali mengabadikan momen yang dianggapnya menarik. Keistimewaan matanya yang jeli menangkap momen unik yang bagi orang lain terlihat biasa-biasa saja. “Saya suka memotret dengan cara ini karena bisa berkeliaran di jalanan dan menangkap momen yang menarik tanpa seorang-pun memperhatikan saya,” Kata Liu pada Global Times. “Saya ingin mengingatkan orang lain akan momen-momen menyentuh yang ada dalam hidup ini.”

Dengan ketenarannya, banyak yang menyangka Tao Liu akan berubah profesi dari tukang catat meteran PDAM menjadi fotografer pro, atau setidaknya menjadi jurnalis foto di koran kotanya. Namun dia menolak. “Kehidupan di Cina menjadi semakin utilitarian (??), namun saya ingin tetap santai dan mengerjakan satu hal saja. Satu yang pasti, saya tak ingin bekerja kantoran, meski ada yang menggaji lebih banyak!”

Silahkan menikmati beberapa karyanya:

Foto Tao liu street 6

Foto Tao liu street 2

Foto Tao liu street 3

Foto Tao liu street 7

Foto Tao liu street 1

Foto Tao liu street 10

Anda bisa mengikuti Tao Liu di Facebook dan mengunjungi galeri fotonya di Flickr atau Lofter.

Semua foto karya Tao Liu dan dipakai atas ijin lewat email.