Galeri Inspirasi

Foto Makro Serangga Super Detail Ini Disusun Dari 10 ribu Foto

Pekerjaan sehari-hari fotografer komersial Levon Biss adalah memotret atlet kelas dunia untuk berbagai foto iklan. Namun kali ini dia mendapatkan tantangan lain, memotret spesimen serangga yang ada di museum sejarah alam di Oxford, Inggris.

Untuk memotret spesimen seranga kecil dengan detail yang lengkap, Levon menggunakan lensa mikroskop di kamera DSLR Nikon dan setiap frame hanya menangkap bagian kecil serangga. Untuk memastikan akurasi urutan bagian serangga yang akan difoto, Levon menggunakan focusing rail khusus yang sudah diprogram dan kadang hanya bergerak sejauh 10 mikron (ketebalan rambut manusia adalah 80 mikron).

Dia juga menggunakan teknik pencahayaan khusus untuk memaksimalkan detail bagian tubuh serangga. Karena satu foto hanya mengandung sedikit sekali bagian tubuh serangga, untuk setiap satu foto serangga lengkap, Levon membutuhkan sekitar 8000 sampai 10 ribu biji foto yang lantas dirangkai di komputer menjadi satu file super besar dan super detail. Super makro.

Levon membutuhkan waktu antara 2 sampai 3 minggu untuk menyelesaikan satu foto serangga dari pemotretan sampai menggabungkan foto-foto kecil menjadi satu foto raksasa. Dia lantas mencetaknya dalam ukuran super besar untuk akhirnya dipamerkan di museum tersebut.

Kamu bisa melihat proses pemotretan dan proses cetak proyek ini di Vimeo (akses ke vimeo masih di blok sensor pemerintah ?), tapi kalau kamu punya VPN atau proxy untuk menerobos, silakan lihat di sini. Foto-foto resolusi lebih besar bisa dilihat di Microsculpture.

Berikut beberapa contoh foto ukuran kecil, semua foto hak cipta Levon Biss:

LevonBiss_serangga-makro-6

LevonBiss serangga makro 1

LevonBiss serangga makro 2

LevonBiss serangga makro 3

LevonBiss serangga makro 4

LevonBiss serangga makro 5

via This Is Colossal.