Memproses Foto HDR Dengan Photomatix Pro

Dalam hal memproses foto HDR, kita memiliki beberapa pilihan software. Kebanyakan orang memanfaatkan fitur photomerge yang ada di Photoshop karena sudah terinstall di komputer mereka. Namun bagi mereka yang benar-benar menyukai foto HDR, sebuah software alternatif menjadi pilihan. software tersebut adalah Photomatix Pro.

Master foto HDR, Trey Ratcliff, menyebutkan bahwa Photomatix Pro adalah software favoritnya dalam memproses foto HDR. Kalau anda tertarik memproses foto HDR menggunakan software ini, ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

Langkah 1. Download Photomatix Pro

Langkah pertam sekali adalah mendownload Photomatix Pro. Anda bisa mendownloadnya disini (versi trial). Setelah mengintsalnya di komputer, anda sekarang siap menggunakannya.

Langkah 2. Menyiapkan 3 atau 5 foto dengan bracketing.

Bang belfot sudah menjelaskan cara menyiapkan foto mentah HDR disini, silahkan dibaca.

Langkah 3. Buka Photomatix Pro dan buka file anda

Saat Photomatix Pro sudah terbuka, anda akan dihadapkan dengan menu utama:

Workflow Shortcuts

Klik Load Bracketed Photos. Dengan mengklik pilihan ini, anda akan dihadapkan pada kotak dialog, lalu Klik Browse. Pilih file foto yang tadi sudah anda siapkan.

Langkah 4. Mengisi beberapa pilihan.

Kemudian muncul beberapa opsi berikut ini:

Preprocessing Options

Kecuali anda memotret tanpa tripod atau tripod anda tidak stabil saat memotret foto tersebut, pilihan Align Source Images tidak perlu dicentang. Opsi Remove Ghosts diperlukan kalau anda anda merasa ada pergerakan daun atau orang atau obyek bergerak lain diantara foto-foto tadi. Sementara opsi Reduce Noise hanya diperlukan bila anda merasa menggunakan ISO yang lumayan tinggi. Untuk ini saya mengosongi semuanya. Klik Preprocess.

Langkah 5. Tone Mapping

Akan muncul pilihan utama: Tone Mapping atau Exposure Fusion, disini kita pilih Tone Mapping.

Dibawah itu ada beberapa slider. Tidak ada patokan resmi karena masing-masing foto membuthkan tuning yang berbeda (dan juga sesuai selera), anda harus beberapa kali coba-coba disini sampai menemukan setting yang pas. Berikut setting yang saya pakai:

Photomatix step

Setelah puas, klik Process

Langkah 6. Kontras dan Sharpening

Finishing Touch

Kotak berikutinya yang muncul adalah Contrast, Color dan Shaprening. Dari namanya saya rasa sudah cukup jelas, silhkan diubah sesuai selera mata anda. Klik Done kalau anda sudah cukup puas.

Hasil akhir foto bisa dilihat dibawah ini:

DSCF3792 3 4 5 6 tonemapped tonemapped

Malas dengan Photomatix Pro? Gunakan Photoshop, ikuti langkahnya disini.