Layar LCD Kamera Digital? Apa Saja Yang Perlu Anda Ketahui

Layar LDC alias LCD screen dibagian belakang kamera digital baik DSLR, mirrorless maupun kamera saku makin hari makin penting. Penting sebab kita banyak berinteraksi dengannya saat memotret. Bahkan untuk kamera mirrorless ataupun kamera saku, layar LCD memiliki peran vital karena beberapa dari mereka kebanyakan tidak dibekali dengan viewfinder optik.

Touchscreen lcd

Mengingat pentingnya peran layar LCD dikamera, berikut beberapa fitur terpenting yang dimiliki LCD screen yang sebaiknya anda ketahui terutama saat anda ingin membeli sebuah kamera:

Seberapa Besar Ukuran LCD Screen-nya?

Penting bahwa layar LCD memiliki ukuran yang tidak kecil-kecil amat, saat ini rentang ukuran layar LCD yang optimal adalah sekitar 2 – 3.5 inchi (terukur diagonal).

Seberapa Terang dan Seberapa Jelas Saat Kita Melihatnya disiang hari?

Semakin terang LCD semakin bagus karena memudahkan kita melihatnya dibawah terik sinar matahari. Layar LCD dengan jenis transfelctive menggunakan kombinasi backlit dan pantulan cahaya ambient untuk memunculkan gambar yang sangat jelas meskipun diterik siang hari. Jika anda banyak memotret outdoor fitur ini sangat penting.

Berapa Refresh Rate-nya?

Refresh rate adalah ukuran seberapa sering gambar diupdate di layar LCD. Layar LCD yang memiliki refresh rate lebih rendah mengakibatkan gambar tampak terputus-putus saat kita menggerakkan kamera.

Bagimana Kinerjanya Di Kondisi Remang-Remang?

Jika anda suka memotret dimalam hari (night shot), maka anda membutuhkan kamera digital yang memiliki viewfinder optik karena ada kemungkinan layar LCD akan tampak sangat gelap dimalam hari. Namun beberapa kamera juga memiliki fitur khusus yang membuat gambar di layar LCD tampak lebih terang meskipun obyek foto gelap. Fitur khusus inilah yang akan sangat membantu saat pemotretan malam hari.

Seberapa luas cakupan LCD?

Kebanyakan LCD viewfinder memiliki luas cakupan 95% – 98% dari keseluruhan obyek yang akan menjadi foto. Cakupan yang lebih kecil dari ini sebaiknya anda hindari.

Antireflective Coating

Fitur ini membuat kita lebih mudah melihat LCD diterik matahari, karena sifatnya yang menghilangkan pantulan sinar matahari ke mata kita.

Brightness Control

Fitur ini mmemungkinkan kita mengatur kecerahan layar LCD. Meskikpun layar LCD yang terlalu cerah menambah konsumsi batere, namun saat siang hari bisa sangat membantu visibility.

Swiveling dan Tilting

Kamera yang membuat layar LCD dengan fitur swiveling dan tilting membuat kita bisa memotret dari sudut yang susah sekalipun. Kalau hal ini penting bagi gaya memotret anda, tentu merupakan nilai tambah tersendiri.

Touchscreen atau Layar Sentuh

Kamera modern menyediakan fitur touchscreen sebagai alat interaksi kita dengan layar LCD. Fitur ini sangat membantu kita melakukan focusing dengan cepat ataupun mengatur menu kamera secara lebih mudah.