Fungsi Dan Cara Memakai Filter CPL

Filter polarizer  atau CPL adalah salah satu filter paling sering dipakai untuk fotografer landscape. Kegunaan utama filter ini adalah untuk meningkatkan kontras warna (vividness) serta memotong pantulan sinar matahari saat memotret di alam terbuka.

Untuk melihat bagaimana filter bekerja, amati foto di bawah ini: gambar di bagian kanan diambil dengan filter CPL menempel di lensa dan terlihat langit menjadi lebih gelap, awan terlihat kontras, bagian atap bangunan juga menjadi lebih putih dan jelas. Sementara bagian kiri tanpa filter CPL, tampak bahwa langit terlihat lebih terang, kontras awan tidak terlalu kelihatan sehingga menjadi kurang dramatis jika dibandingkan dengan foto pertama serta bagian atap gedung tampak lebih gelap.

Dalam foto landscape yang rata-rata mengandung langit sebagai bagian elemen foto, filter CPL bisa membuat langit tampak lebih biru sehingga kesannya lebih dramatis. Selain itu dia juga mengurangi pantulan dari permukaan mengkilap macam air dan kaca, menggelapkan langit dan membuat awan tampak lebih kontras sehingga secara umum menjadi lebih vivid. (Baca juga 7 Aksesoris Penting Bagi Kamera DSLR Anda).

Jika anda memiliki lensa dengan ulir di bagian depan (hampir semua lensa untuk kamera DSLR), anda tinggal pasang filter CPL dengan memasukan ke ulir tersebut. Setelah terpasang, cara menggunakannya adalah dengan memutar CPL searah jarum jam atau berlawanan dengan arah jarum jam sampai anda mendapatkan efek yang diinginkan, yakni polarisasi cahaya. Polarisasi bekerja dengan memblokir cahaya yang datang dari arah tertentu supaya tidak masuk ke lensa.

Saat memakai filter polarizer ini, hal yang harus diingat adalah bahwa efek polarisasi maksimal tercapai saat kita membelakangi matahari. Juga perlu diperhatikan adalah bahwa saat menggunakan filter CPL pada lensa super lebar (di bawah 16mm), kita harus berhati-hati karena kadang-kadang langit menjadi lebih gelap namun gelapnya tidak rata.

Selain menggelapkan langit, seperti sudah disebutkan di atas filter ini juga efektif dalam mengurangi pantulan benda mengkilap. Lihat perbedaannya pada foto di bawah ini, foto sebelah kiri tanpa filter, tampak pantulan dari body dan kaca mobil sementara foto di sebelah kanan dengan filter, tampak pantulan cahaya sudah hilang sehingga warna terlihat lebih dalam:

Filter CPL dijual di pasaran dengan rentang harga dari Rp. 300 ribu sampai dengan maksimal Rp. 2 Juta. Belilah filter CPL berkualitas terbaik yang sesuai dengan budget anda dan pastikan ukurannya cocok dengan diameter lensa yang anda ingin pasangi filter.