Memahami Exposure Compensation Dan Cara Settingnya

Sehebat-hebatnya kamera, saat menggunakan salah satu dari mode ini: mode program, shutter priority atau aperture priority, kamera bisa melakukan kesalahan dalam mengukur kondisi pencahayaan sebuah obyek foto. Seperti diterangkan dalam artikel mengenai sisterm metering, kamera memiliki kecenderungan membawa sebuah obyek foto mendekati warna 18% abu-abu. Inilah saatnya anda menggunakan exposure compensation.

Exposure comp a

Exposure compensation alias kompensasi exposure adalah cara untuk mememerintahkan kamera membiarkan lebih banyak/lebih sedikit cahaya masuk ke lensa terlepas dari hasil pengukuran lightmeter.

Mengakali Kelemahan Sistem Metering Kamera

Kelamaham sistem metering kamera yang membawa semua obyek ke 18 abu-abu artinya obyek foto yang didonimasi warna putih oleh kamera akan sedikit digelapkan sehingga menuju abu-abu sehingga foto secara keseluruhan menjadi under exposure sementara obyek foto yang didominasi warna hitam akan sedikit diterangkan menuju abu-abu sehingga foto secara keseluruhan menjadi over exposure.

Dengan exposure compensation kita bisa mengembalikan foto yang under ataupun over tadi sehingga warna putih akan kembali putih dan hitam kembali tampak hitam. Lihat contoh foto dibawah ini, warna putih pada salju akan membuat kamera mennghasilla foto yang under exposure, sehingga dibutuhkan kompensasi sebanyak +2/3 Ev (+2/3 stop) untuk membuat salju kembali tampak putih (silahkan baca pengertian stop disini):

Overexposed

Tanpa exposure compensation

Foto dibawah ini dihasilkan dengan mode aperture priority dan tanpa melakukan kompensasi exposure. Karena obyek foto didominasi warna hitam, maka secara otomatis kamera akan membuatnya lebih terang, menghasilkan foto yang over exposure sehingga warna hitam menjadi seperti abu-abu:

Erica with no exposure compensation-2.jpg

Dengan Exposure Compensation -1 EV (stop)

Karena dalam kondisi diatas kamera menghasilkan foto yang terlalu terang, maka kita melakukan kompensasi exposure, saat diset di posisi -1EV hasilnya seperti ini;

Erica with -1 stop exposure compensation.jpg

Dengan exposure compensation -2EV (-2 stop)

Bagaimana kalau kita ingin menghasilkan foto low key yang cenderung lebih gelap lagi? kita bisa mempergelap foto tadi dengan mengeset exposure compensation di posisi -2EV (kurangi 2 stop), lihat hasilnya:

Erica with -2 stops exposure compensation.jpg

Cara Setting Exposure Compensation di Kamera DSLR Canon/Nikon

Di kamera DSLR Canon, setting kompensasi eksposure bisa dilakukan dengan cara seperti ini (contoh pada Canon 60D

Exposure comp canon

  • Gunakan jempol anda untuk memutar quick contol dial kekanan atau kekiri sembari mata anda melihat panel LCD atas.
  • Memutar tombol ke kiri memrintahkan kamera untuk meng-underexpose foto sementara memutar kekanan memerintahkan kamera untuk over
  • Anda juga bisa memanfaatkan layar LCD dibelakang dengan Quick Control screen seperti dalam gamar sebelah kiri diatas

Pada kamera DSLR Nikon, setting kompensasi exposure dilakukan dengan cara seperti ini (contoh Nikon D7000:

Nikon D7000 From Snapshots to Great Shots pdf  page 189 of 289

  • Dengan jari telunjuk, pencet tombol exposure compensation
  • Dengan tombol exposure compensation tetap ditekan, gunakan jempol anda untuk memutar roda command dial dibelakang kamera ke kekiri atau kekanan
  • Lihat panel LCD diatas, angka yang ditunjukkan sembari anda memutar memperlihatkan seberapa besar kompensasi expsoure yang anda setel

Beberapa Catatan Mengenai Kompensasi Exposure

Berikut beberapa catatan mengenai kompensasi eksposure;

  • Hanya bisa dipakai saat anda menggunakan mode program, shutter atau aperture priority
  • Tidak bekerja di mode auto

Untuk kamera lain, silahkan cek di buku manual atau silahkan otak-atik sendiri. Nah selamat mencoba