Memberi Efek Grunge Pada Foto Dengan Lightroom

Dalam artikel ini kita akan membuat efek grunge dengan sedikit kesan retro dalam foto dengan menggunakan Adobe Lightroom, tanpa photoshop samasekali (jadi kerjaan akan menjadi sangat cepat). Dan kalau biasanya belfot memberikan lightroom presets yang bisa langsung dipakai, untuk ini kita akan mengolah dan menjabarkannya satu demi satu supaya anda bisa mengikutinya. Foto sebelum diproses (kiri) dan setelah diproses (kanan) bisa anda lihat dibawah ini:

Efek grunge lightroom

Langkah 1. Import Foto di Lightroom

Pertama kali kita harus mengimport foto ke katalog lightroom. Secara default kita berada di modul Library, untuk itu setelah anda selesai meng-import, klik modul Develop.

Efek grunge lightroom 2

Langkah 2. Lakukan Editing Di Panel Basic

Di panel Basic kita akan membuat beberapa perubahan untuk mengubah saturasi warna grunge, mempertinggi kontras dan memperjelas tekstur. Perubahan yang saya lakukan untuk foto ini adalah sebagai berikut:

Efek grunge lightroom 3

Sehingga foto berubah menjadi seperti ini:

Efek grunge lightroom 4

Langkah 3. Lakukan adjustment di panel HSL & SPlit Toning

Turun kebawah di sebelah kanan anda akan melihat panel HSL/Color/B&W, klik HSL lalu klil All. Perubahan yang dilakukan di panel ini (dan juga nanti di panel split toning) adalah untuk menggeser kesan warna supaya mendekati warna grunge yang cukup populer, editing yang dilakukan adalah sebagai berikut:

Efek grunge lightroom 5

Sekarang kita akan melakukan adjustment di panel split toning:

Efek grunge lightroom 6

Hasil foto dengan adjustment di panel HSL dan Split Toning menjadi seperti ini:

Efek grunge lightroom 7

Langkah 4. Tambahkan Vignette

Penambahan sedikit vignette hanyalah sekedar pemanis, jadi sebenarnya tidak perlu-perlu amat. Untuk menambah vignette, adjustment dilakukan di panel Effects, lalu Post Crop Vignetting:

Efek grunge lightroom 8

Hasil Akhir Foto

Hasil akhir foto adalah seperti ini:

Foto efek grunge lightroom

Nah selamat mencoba.