Edit Foto Secara Langsung Di Kamera DSLR: Apa Saja Fungsinya

Kebanyakan dari kita melakukan proses editing dan retouch foto hanya di komputer, namun bagi anda yang memang belum terlalu paham photoshop atau lightroom, kamera DSLR juga dibekali kemampuan edit foto oleh produsen kamera. Meskipun kemampuan proses fotonya tidak secanggih photoshop atau lightroom dan memang tidak direkomendasikan, fitur edit foto dalam kamera memberi keuntungan saat kita benar-benar tidak punya waktu untuk duduk lama-lama memelototi photoshop. Hasil foto yang sudah diedit di kamera untungnya disimpan secara terpisah disamping foto asli, sehingga meretouch foto di kamera tidak beresiko merusak foto asli.

Berikut beberapa fungsi retouch dan edit foto yang ada di rata-rata kamera DSLR (untuk artikel ini berdasarkan Nikon, namun anda bisa menemukan fitur yang mirip dikamera DSLR lain meski beda nama):

Distorsi

Kecuali anda memakai lensa jenis premium yang mahal, kemungkinan besar hasil foto anda akan memiliki distorsi didalamnya. Distorsi tersebut terlihat samar, namun begitu kita memotret obyek foto yang memiliki banyak unsur garis lurus, distorsi akan sangat terlihat (distorsi membuat garus lurus terlihat membengkok). Dengan menggunakan fitur Distortion Control di kamera, maka kamera akan meminimalkan penampakan distorsi dalam foto. Lihat gambar dibawah ini:

2012 07 03 distorsi

Red-eye removal

Saat menggunakan flash bawaan kamera untuk memotret orang dalam kondisi minim cahaya, ada kemungkinan mata orang tersebut menjadi mata setan (mata merah – red eye).Red eye disebabkan oleh pantulan cahaya flash didalam retina mata. Untuk menghilangkan red eye, gunakan Red-eye correction atau Red-eye removal (tergantung jenis kamera):

Screen retouch menu

Image overlay

Fungsi ini lebih merupakan efek dibanding retouch, dimana satu foto ditumpuk diatas foto lainnya sehingga mirip fungsi multiple exposure. Fungsi ini memang tidak terlalu sering dipakai, contoh kasus adalah seperti dalam gambar dibawah ini dimana 2 foto ditumpuk menghasilkan manipulasi foto baru:

2012 07 03 overlay

Filter Effects

Olah digital fotografi 005

Fitur ini membuat kita seolah-olah memasang filter diujung depan lensa, beberapa filter yang tersedia antara lain:

  1. Skylight filter: menghilangkan sebagian warna biru.
  2. Warm-up filter: membuat foto tampak lebih hangat.
  3. Red filter: memperkuat kesan merah
  4. Blue Filter
  5. Cross screen filter: membuat sumber cahaya memiliki pendar seperti bintang
  6. Soft: membuat soft focus

Straighten

Jika foto anda memiliki garis horison yang miring, fitur straighten bisa digunakan untuk meluruskan garis horison sampai ± 5%. Perhatikan bahwa makin miring foto, makin banyak bagian foto yang harus dipotong.

Perspective Control

Jika anda memotret bangunan atau arsitektur dan bangunan dalam foto tampak meruncing atau mengembung, gunakan fitur ini.

Olah digital fotografi 004

Oke, selamat mencoba.