Apa Itu Crop Factor

Kalau anda sering membaca spesifikasi lensa atau kamera DSLR dan atau anda suka membaca-baca artikel dan forum fotografi, salah satu istilah yang sering muncul dan membuat kita bertanya-tanya adalah ini: Crop-Factor, Kamera Crop, APSC, Focal Length Multiplier dan 35mm equivalent. Semua istilah tersebut mengacu pada Crop-Factor. Artikel ini akan berusaha menjelaskan pengertian crop factor secara singkat dan mudah.

35mm film

Industri fotografi sudah berpuluh tahun mengacu pada film 35mm, nah saat kamera digital bermunculan dengan beragam ukuran sensor yang lebih kecil dibanding ukuran film, maka untuk menghindari kerancuan, ukuran sensor tersebut diperbandingkan dengan ukuran film. Kamera digital SLR yang memiliki sensor dengan ukuran yang sama dengan ukuran sebuah film dinamai kamera DSLR full frame, misalnya: Nikon D4, Nikon D800, Canon 5D, Canon 1Dx.

Kamera crop adalah kamera yang memiliki ukuran sensor lebih kecil dibandingkan ukuran film. Disebut kamera crop karena saat sebuah lensa dipasang di kamera full frame menunjukkan area foto yang mencakup (sebagai contoh saja) gunung dan sawahnya, maka saat lensa yang sama anda pasang di kamera crop ini maka area fotonya akan terpotong (crop) sehingga hanya mencakup hanya gunungnya saja, jadi area foto menyempit. Ukuran sensor yang lebih kecil memotong tampilan penuh yang dihasilkan lensa.

Nah crop factor adalah hitungan seberapa faktor pemotongan terjadi. Sebagai ilustrasi, lihat bagaimana sensor yang lebih kecil memotong sebuah obyek foto saat dibandingkan dengan kamera full frame (35mm film):

Crop factor

Tampilan Penuh – Full Frame

Garis Hijau: 1.5 x Crop Factor – APSC Nikon

Garis Hijau: 1.6 x Crop Factor – APSC Canon

Garis Orange: 2 x Crop Factor – Four Third

Sementara garis lainnya adalah crop factor beberapa kamera saku yang ukuran sensornya jauh lebih kecil.

Crop factor berpengaruh pada focal length equivalen sebuah lensa (baca tentang focal length disini). Sebuah lensa dengan panjang focal 18mm saat dipasang dikamera APSC Nikon yang memiliki crop factor 1.5 maka panjang focal equivalen (dalam standar 35mm) adalah (18 kali 1,5) sama dengan 27mm. Sementara sebuah lensa 12mm jika dipasang di kamera Olympus OM-D yang memiliki crop factor 2x, maka panjang focal length 35mm equivalen adalah 24mm.

Jadi kamera DSLR anda memiliki crop factor berapa?, berikut sedikit contoh:

1.5 crop factor: Nikon D300s, Nikon D7000, Nikon D3200. Mirrorless: Fujifilm X Pro1 dan Sony NEX

1.6 crop factor: Canon 60D, Canon 650D, Canon 550D)

2 crop factor: Semua kamera four third dan micro four third keluaran Olympus dan Panasonic