Kamera Lensa

Tips Singkat: Cara Aman Menyimpan Penutup Lensa dan Body

Saat mengeluarkan kamera dan lensa dari tas kamera, apa yang pertama kali kita lakukan? Kita selalu membuka penutup body (body cap) dari depan kamera serta membuka penutup belakang lensa (lens rear cap) dari ujung belakang lensa. Pada saat itu tanpa kita sadari kita memegang dua hal yang menjadi sumber utama debu yang bisa masuk langsung ke sensor kamera. Bagaimana kita menyimpan kedua cap tadi seringkali menjadi pembeda antara sensor yang selalu bersih dan sensor yang kotor.

penutup lensa

Bayangkan seandainya kita menyimpan body cap dikantong celana, tempat dimana banyak sekali debu yang bisa menempel ke cap. Lalu saat kita akan menutupkan kembali body cap tadi ke kamera, maka banyak sekali kotoran akan rontok ke sensor, ngeri bukan? Begitu pula dengan lens cap, jika bagian dalamnya terkena banyak kotoran maka bagian belakang lensa pun akan ikut terkotori yang ujung-ujungnya bisa rontok jatuh ke sensor.

Nah sebenarnya cara yang aman untuk menyimpan body cap serta lens cap belakang sangatlah mudah. Cukup kita pasangkan keduanya, putar sampai rapat, maka bagian dalam kedua cap akan terlindung dari kotoran dan debu. Setelah itu barulah bisa kantongi, anda lempar keduanya ke tas kamera lagi atau apapun, yang penting bagian dalamnya rapat. Jangan lupa baca juga tips menyimpan kamera dan lensa agar tidak dirusak kelembapan udara yang bisa merusak kamera dan membuat jamur tumbuh di lensa.

tips body cap

Gampang bukan?