Olah Digital Tips dan Trik Fotografi

Cukup 3 Menit Untuk Membuat Foto Lebih Tajam di Photoshop

Ada satu teknik super cepat untuk membuat foto anda tampak lebih tajam dalam waktu yang sangat cepat menggunakan photoshop. Cara ini hanya melibatkan beberapa langkah mudah dan butuh waktu tak sampai 3 menit dari awal sampai akhir. Hasil akhirnya adalah foto yang sangat tajam dengan semua tekstur yang terlihat jelas tanpa efek berlebih.

Kalau kebetulan kamu tidak punya koleksi lensa super tajam di  tas kamera, teknik cukup membantu membuat foto akhir terlihat super tama. Sedikit peringatan: lakukan langkah ini di tahap terakhir sekali. Selesaikan dulu semua koreksi exspure, perbaikan tonal warna dan lain-lain sebelum melakukan teknik ini.

Penasaran? silakan ikuti langkahnya:

Buka foto di photoshop

Di panel layer, klik kanan lalu pilih “Duplicate Layer”, klik OK saat muncul dialog. Muncul layer baru “background copy” di atas layer “background”.

Di menu photoshop bagian atas, klik Filter > Other > High Pass

Masukkan angka 1.8 di radius, klik OK

Di layer hasil duplikat tadi (layer “Background Copy”), pilih blending option “overlay”

Selesai.

Hasilnya adalah foto yang jauh lebih tajam dibandingkan sebelumnya. Kalau anda zoom 100% dan bandingkan antara foto sebelum teknik dan sedudahnya, perbedaan ketajaman akan cukup signifikan.

Ada beberapa orang bilang, untuk sharpening foto dengan obyek manusia, gantilah opsi blending dari overlay menjadi soft light supaya tidak terlalu tajam dan membuat kulit seperti terlalu kering.

Berikut ini urut-urutan langkah di atas dalam bentuk animasi gif.

Selamat mencoba.