Berita Kamera

Canon EOS-M, Kamera Mirrorless Pertama Canon

Setelah beredar kencang gosip di internet, akhirnya hari ini, 23 Juli 2012, Canon resmi mengumumkan produk kamera mirrorless pertama mereka, Canon EOS-M. Dalam hal ini Canon merupakan produsen utama yang relatif paling akhir membuat kamera mirrorless. (Kalau anda baru pertama kali mendengar kata kamera mirrorless, baca artikel ini)

Canon eos m

Seperti jenis mirrorless lainnya, Canon EOS-M memiliki ukuran body yang relatif mungil (jika dibandingkan kamera DSLR) dan kita bisa mengganti-ganti lensanya. Canon merilis kamera ini dengan pilihan warna hitam mengkilap, putih glossy, perak atau warna merah darah. Bersamaan dengan peluncuran kamera EOS-M ini, Canon juga meluncurkan dua buah lensa pendamping: Canon EF-M 22mm f/2 pancake STM serta EF-M 18-55mm f/3.5-5.6 IS STM. Selain itu, diluncurkan pula Speedlite 90EX sebagai flash standar bagi kamera EOS-M.

1855

22

Sayangnya kita tidak bisa langsung menggunakan koleksi lensa EF-S dan EF lama kita pada kamera ini. Untuk menggunakan dua jenis lensa tersebut pada EOS-M, Canon akan menjual mount adapter secara terpisah. Hal lain yang disayangkan adalah absennya viewfinder, kita hanya bisa mengkomposisi foto melalui layar LCD dibelakang (kecuali nanti ada aksesoris viewfinder yang dicolok ke hot shoe).

Fitur Utama

Beberapa fitur utama Canon EOS-M:

  1. Diklaim bisa menyamai kualitas foto kamera DSLR
  2. Interchangeable Lenses (gonta-ganti lensa dengan lensa EF-M atau lensa EF-S dan EF dengan memakai adapter tambahan
  3. Full HD Video 1080p
  4. Menggunakan touch screen sebagai pengontrol
  5. Body kamera lebih kecil dan ringan dibanding EOS DSLR
  6. Sudah dibandrol bersamaan dengan flash external Speedlite 90Ex
  7. Ukuran sensor setara dengan EOS 650D yakni format sensor APSC (crop factor: 1.6) – apa itu crop factor?
  8. Untuk foto berondongan: 4,3 fps continous shooting dengan 3 fps autofocus tracking
  9. Bisa menggunakan speedlite yang kompatibel dengan sistem EOS
  10. Resolusi foto 18 Megapiksel

Harga Pasaran dan Ketersediaan

Kabarnya untuk konsumen di Indonesia, kamera ini bisa dibeli mulai bulan Oktober. Harga pasaran di Amerika adalah US$800 (Kamera EOS-M + lensa 22mm).

Late Comer

Canon sedikit terlambat datang ke arena mirrorless karena produsen lain seperti halnya Sony dengan sistem NEX, Panasonic dan Olympus dengan Micro Four Third, serta Nikon 1 sudah beberapa tahun beredar dipasaran (well Nikon juga belum terlalu lama). Namun bagi anda yang sudah memiliki set lengkap sistem DSLR Canon EOS sehingga bisa memakai lensa EF/EF-S (dengan adapter) serta speedlite anda, kamera ini bisa menjadi alternatif saat ingin bepergian secara ringan dan tidak terlalu membebani leher dan pundak anda tanpa banyak mengorbankan kualitas foto.