Canon 1DX Mark II , Kamera DSLR Full Frame Dengan Kecepatan 14 FPS dan Video 4K

Belum lama ini Canon mengumumkan peluncuran kamera flagship terbaru mereka, Canon EOS 1DX Mark II. Sebagai pengusung panji Canon, kamera ini memiliki spesifikasi papan atas dan dirancang untuk memenuhi tuntutan fotografer profesional, terutama mereka yang menuntut kecepatan, performa dan ketahanan kamera. Para jurnalis foto yang memotret olahraga dan beragam peristiwa penting lainnya adalah konsumen utama kamera ini. Kamera ini sekaligus jawaban atas peluncuran Nikon D5 di akhir bulan Januari kemarin.

Canon 1dx mark ii body only

Spesifikasi Dan Fitur Canon 1DX Mark II

Canon EOS 1DX Mark II dibekali sensor CMOS dengan resolusi 20,2 megapiksel, mampu memotret beruntun sebanyak 14 frame per detik ( 16 fps jika anda memotret di mode live view dan memiliki rentang ISO dari 100 sampai 51200 (bisa dipaksa sampai 409600). Layar LCD belakang berukuran 3.2 inci dengan 1,62 juta titik. Sistem autofokus sudah ditingkatkan dari generasi pertama dengan 61 titik autofokus (terdisir dari 41 titik dengan tipe cross yang lebih akurat).

Kamera generasi kedua ini mempertahankan bentuk body yang nyaris tidak berubah dari kakaknya yang pertama kali diluncurkan hampir 4 tahun lalu, , Canon ESS-1DX generasi pertama.

Canon 1dx mark ii body atas

Namun kamera ini akan jauh lebih cepat saat dioperasikan dengan dilengkapi pemroses gambar DIGIC 6+. Saat anda memotret beruntun, kamera ini mampu menyimpan sampai dengan 170 foto kualitas RAW sebelum melambat. Dua slot CompactFlash dan (satu slot CFast 2.0 – opsional) yang tersedia menjamin anda tidak akan pernah kehilangan foto akibat kerusakan kartu memori karena kamera ini bisa menulis satu foto ke dua kartu sekaligus.

Di sisi video, kamera DSLR full frame ini mampu merekam video berukuran 4K pada 60 frame per detik dengan durasi yang secara matematis tak terbatas, namun format file exFAT membatasi penulisan kartu memori hanya sampai 4 GB.

Canon 1dx mark ii body kiri

Canon 1DX Mark II juga dilengkapi dengan kemampuan untuk mengenali kelemahan lensa yang dipasangkan padanya. Dengan begitu, kamera akan secara otomatis memperbaiki kelemahan dan cacat lensa seperti chromatic aberration, distorsi dan difraksiyang lantas diperbaiki secara digital di dalam kamera. Hal yang selama ini harus kita perbaiki saat mengolahnya di Lightroom atau Photoshop.

Canon 1dx mark ii ef50l depan

Fitur pemanis kamera ini adalah tersedianya GPS yang sudah dirakit di dalam kamera seperti Canon 6D. Sayang modul wi-fi harus dibeli secara terspidah dengan harga yang lumayan mahal.

Video Promo Canon EOS-1DX Mark II

Silakan tonton beberapa video promo perkenalan kamera ini:

Penjelasan fitur fotografi:

Tes video 4K dengan 1DX Mark II di kawasan Kutub Utara:

Harga dan Ketersediaan Canon 1DX Mark II

Canon EOS-1DX Mark II akan dijual dengan harga retail US$ 6000, sekitar Rp. 83 Juta dengan kurs saat ini. Kamera ini bisa mulai dibeli secara internasional pada bulan April 2016, silakan ditunggu masuk di Indonesia pada pertengan tahun ini.