Lensa

Canon EF 1200mm, Lensa Monster

canon-ef-1200mm-l-usm

Canon EF 1200mm f/5.6L USM adalah lensa super tele kelas profesional untuk memotret event olahraga dan satwa liar. Sayangnya, saat ini lensa tersebut sudah tidak diproduksi. Dipasaran, lensa ini amat jarang ditemui, menurut rumor jumlah totalnya kurang dari 20 biji diseluruh dunia (jumlah sebenarnya tidak diketahui). Selain karena harganya yang sangat mahal, juga karena Canon hanya memproduksinya berdasarkan pesanan. Selain dipakai hanya untuk event olahraga penting dan keperluan dokumentasi maha penting, lensa ini kabarnya juga dimiliki oleh sejumlah institusi intelijen dan agen rahasia untuk keperluan tugas (spy???).

Menurut wikipedia, diperlukan waktu kurang lebih dari setahun untuk menyelesaikan produksi lensa. Belum lama ini, toko kamera B&H di New York menjual lensa ini seharga USD 120,000 (sekitar 1,4 Miliar Rupiah belum pajak).

Canon_EF_1200mm_ƒ-5.6_L_USM

Secara spesifikasi, lensa ini termasuk lensa kelas L (Luxury) di sistem EF Canon. Memiliki minimum focusing distance “hanya” 14 meter (hanya??) dan memiliki faktor perbesaran sekitar 11 kali. Dengan berat diatas 16 kilogram, kita harus menggunakan tripod mahal untuk menyangganya. Dan hebatnya, kalau anda masih belum puasa dengan jarak jangkauannya, anda bisa menambahkan teleconverter yang kompatibel.

Silahkan lihat pengalaman dua orang dari toko kamera B&H yang sedang mencoba lensa ini: