Kamera

Canon Luncurkan Sensor Monster 250 Megapiksel

Kemarin, tanggal 8 September 2015, Canon secara resmi mengumumkan mereka telah berhasil membuat sensor kamera digital dengan resolusi monster, 250 megapiksel, sensor CMOS dengan jumlah piksel terbanyak di dunia. Dengan sensor ini, sebuah kamera DSLR akan mampu menghasilkan foto berukuran 250 megapiksel setiap kali kita memencet tombol shutter.

Sensor monster canon 250 megapiksel

Ukuran fisik sensor ini adalah 29,2 x 20,2 mm, yang sebenarnya adalah ukuran format APS-H. Format APS-H adalah format sensor dengan faktor crop sekitar 1,3x dengan ukuran fisik lebih kecil dari full-frame namun lebih besar dari APS-C. Format sensor APS-H bisa kita temukan di kamera Canon 1D Mark IV dan Canon 1D mark III. Lebih jauh tentang format sensor, klik di sini.

Format

Jadi, sehebat apakah sensor ini nantinya? Canon menyatakan bahwa dalam serangkaian tes yang mereka lakukan, dengan menggunakan sensor ini, mereka bisa membaca huruf-huruf yang ada di badan pesawat yang yang difoto dan sedang terbang dalam jarak 18 kilometer. Fiuh..

Canon Prototype camera

Selain foto, sensor ini akan mampu mereka video ultra HD pada 5 frame per detik. Canon mengungkapkan bahwa mereka berencana menggunakan teknologi sensor ini untuk aplikasi terapan di bidang pengintaia dan pengukuran.. Belum jelas kapan sensor monster ini akan dipakai dalam produk DSLR dan kamera digital mereka, yang jelas proses teknologi dalam penciptaan sensor ini akan mulai banyak dipakai Canon di kamera mereka mendatang. Bahkan mereka telah membuat prototipe kamera yang menggunakan sensor ini.