Beberapa Kesalahan Sederhana Saat Memotret

Saat anda mengkomposisi foto, baik melalui jendela bidik (viewfinder) maupun layar LCD kamera, usahakan untuk selalu berpikir sebelum memencet tombol shutter. Jangan biarkan elemen-elemen sederhana dan remeh namun saat ikut terpotret bisa merusak foto secara keseluruhan. Beberapa elemen pengganggu memang bisa dihilangkan dengan photoshop, namun seperti kata pepatah, menghindari jauh lebih baik. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Hindari bendar-benda yang tidak sedap dipandang

Sebelum memencet tombol shutter, pastikan beberapa contoh elemen pengganggu seperti ini tidak masuk ke frame foto nantinya: sampah yang menumpuk dan terlihat menonjol, orang berjalan di latar belakang foto anda, bahkan sampai (ini pengalaman pribadi) bekas cabe di gigi teman yang mau anda foto. Ada beberapa hal yang bisa dihilangkan saat editing dengan photoshop/lightroom, namun seringkali lebih mudah anda menghindarinya sebelum memencet shutter. Sampah dalam foto dibawah misalnya, mudah saja dihindari dengan memindahkan sudut pemotretan atau mencari spot lain dimana tiadak banyak sampah yang tersangkut. Menghilangkan sampah dengan photoshop? bisa.. tapi butuh waktu yang lama, itupun kalau anda sudah mahir photoshop.  (Sebagai catatan: ini kalau anda tidak sedang memotret jurnalistik atau memang menyorot masalah sampah ya..)

DSCF4004

2. Hati-hati dengan kabel dan garis

Seperti sudah dibahas, garis adalah elemen komposisi yang kuat karena mudah menarik perhatian mata yang melihat foto. Oleh karena itu, munculnya garis liar dalam foto bisa merusak keseluruhan foto. Dua foto dibawah ini adalah contoh nyata. Foto pertama seharusnya indah tapi dua kabel besi yang melintang merusak semuanya. Dalam foto kedua, si gadis payung jadi tidak cantik karena matanya cacat sebelah tertutup tiang payung.

Kabel sungai
Garis pengganggu

Cukup dengan berpikir sedikit lebih panjang, kedua contoh diatas bisa dengan mudah dihindari.

3. Garis cakrawala yang miring

Kecuali anda secara sengaja ingin membuat cakrawala miring untuk keperluan artistik, usahakan garis cakrwala terlihat lurus di foto. Garis cakrawala yang miring membuat mereka yang melihat foto merasa ada yang salah dengan fotonya.

Party at the beach

Untunglah, meluruskan foto yang miring bisa mudah dikerjakan di photoshop.

4. Hati-hati dengan bagian tubuh

Saat memotret, awasi bagian pinggir frame foto supaya tidak ada bagian tubuh orang yang tidak anda potret ikut masuk ke frame. Begitu pula saat anda memutuskan untuk meng-crop bagian tubuh subyek foto, lakukan dengan hati-hati. Berikut ini panduan sederhana yang memperlihatkan bagian tubuh mana yang idealnya tidak di crop. Hindari melakukan cropping di bagian tubuh yang diberi warna merah. Sebagai contoh, hindari “memotong’ lengan dibagian siku sampai ke telapak tangan. Tidak ada keharusan sih, tapi secara visual menjadi tidak enak dilihaht. Jadi sebaiknya dihindari:

crop-badan