Bagaimana Cara Membuat Lightroom Presets Sendiri

Untuk menghemat waktu saat mengedit foto di Lightroom, anda bisa menggunakan presets. Belajarfotografi.com sendiri sudah beberapa kali membuat lightroom presets yang bisa anda download dan pakai. Namun menurut pendapat pribadi, presets terbaik adalah apa yang memenuhi kepuasan visual anda. Jika anda sudah mengotak-atik sebuah foto dan sangat puas dengan hasil olahan anda di Lightroom, ada baiknya proses editing anda disimpan dalam bentuk Lightroom Presets.

Lightroom presets buatan

Bagaimana caranya? Gampang, ikuti langkah berikut ini:


Membuat Lightroom Presets

Pertama, pilih foto yang sudah anda edit dan anda puas dengan hasilnya.

Disebelah kiri layar (modul Develop), anda akan melihat tulisan “Presets”, klik tombol +.

Prest

Window baru akan muncul yang berisi banyak pilihan, pilih yang sesuai keperluan anda:

Preset2

Menyimpan Preset Anda

Di tempat isian teratas, isilah nama preset. Gunakan nama yang se-deskriptif mungkin. Jadi hanya dengan melihat nama preset, anda langsung tahu apa efek yang dihasilkan. Setelah itu klik tombol “Create”.

Preset anda akan terdaftar di bawah “User Preset” didalam modul Develop. Anda juga bisa mengirim presets ke teman anda dengan klik kanan preset tersebut lalu pilih “Export”.

Menemunkan Presets Anda di Finder/Explorer

Jika anda menggunakan Mac dan ingin membackup seluruh presets yang anda miliki, file presets tersimpan di sebuah folder dalam folder Library. Tepatnya ada disini: Home > Library > Application Support > Adobe > Lightroom > Develop Presets. Lihat gambar dibawah:

Presetsfolder

Jika anda menggunakan Windows, didalam Lightroom klik Edit > Preferences lalu pilih tab Presets. Klik tombol “Show Lightroom Presets Folder” akan membuka Windows Explorer dimana semua file presets anda disimpan.

Selamat mencova.