Mobile

6 App Foto Terbaik Untuk iPhone

Bicara tentang app iPhone untuk fotografi, tersedia puluhan ribu app yang berkaitan dengan foto. Untuk membantu anda menemukan jarum di tumpukan jerami dan setelah mencoba sekian banyak app foto, berikut kami pilihkan 6 app foto terbaik untuk iPhone. Pssst…untuk Android, baca disini.

1. Camera+

Camera+ ios

Hanya ada satu kata: keren. App satu ini memiliki beragam fitur yang tidak ditemukan dalam app kamera lainnya. Saat menggunakan Camera+, besaran ISO dan shutter speed selalu terpampang layaknya indikator di kamera DSLR. Juga tombol untuk mengatur white balance, titik fokus dan exposure compensation ditata dalam layout yang masuk akal. Itu semua masih ditambah dengan kontrol untuk stabilizer, burst mode, dan continous flash.

Bagian editing juga cukup lengkap, ada beragam tool untuk menmperbaiki area highlight/shadow, mengatur kontras dan masih banyak lagi. Tapi fitur clarity-lah yang saat ini menjadikan editing di Camera+ tambah keren.

Download Camera+ – Rp. 35.000,-

2. VSCO Cam

App ini juga ada dalam daftar 8 app foto terbaik di Android, jadi boleh dibilang memang cukup jago. Memotret dan mengedit foto mengggunakan VSCO Cam rasanya memang lebih tenang dan ehm, dewasa dibanding menggunakan app lainnya. Antarmuka dan penataan tombol kontrol terasa telah dipikirkan masak-masak oleh pembuatnya. Fitur editing-nya pun berasa lebih lembut dan tidak segarang app lainnya. Pun, komunitas fotografer pemakai app ini juga terasa lebih tenang (karena jumlahnya masih jauh lebih kecil dibanding Instagram misalnya).

Kalau anda mencari yang beda dan anti-mainstream, jangan ragu-ragu.

VSCO Cam di App Store – Gratis.

3. Manual

Manual ios

Apple membuka keran pihak ketiga untuk kontrol kamera di iPhone sejak IOS 8. Dan yang paling oke memanfaatkan ini adalah Manual. Dari namanya anda pasti tahu bahwa app foto ini menawarkan kontrol manual untuk kamera iPhone.

Dengan Manual, kita bisa mengontrol setting Aperture, Shutter Speed, ISO, white balance, fokus serta exposure compensation layaknya kamera DSLR. Selain itu, app ini juga menawarkan mode fill flash untuk flash bawaan yang ada di iPhone.

Download Manual untuk IOS – Rp. 23.000,-

4. Photoshop Touch

Photoshop touch

Saat berurusan dengan editing foto, nyaris tak ada software yang bisa mendekati kelengkapan dan kemampuan Photoshop yang sudah merajai bidang ini sejak puluhan tahun silam. Dan sejak hadir di IOS/Android, mereka juga menjadi raja editing di perangkat smartphone dan tablet.

Layer, selection tools dan beragam adjustment adalah sebagian fitur yang diboyong dari dektop ke IOS melalui Photoshop Touch ini. Dan meski harganya cukup mahal, kalau anda mencari fitur yang komplit dan kemampuan yang tak tersentuh app lain dalam mengedit foto, Photoshop Touch layak diunduh ke iPhone anda.

Photoshop Touch untuk iPhone – Rp. 59.000,-

5. Afterlight

Afterlight menawarkan proses editing yang unik sehingga foto karya anda akan lebih gampang tampak menonjol diantara puluhan foto yang diunggah setiap detik di timeline Instagram anda. Afterlight menggabungkan cara pengoperasian yang simpel dengan seabrek tekstur dan filter serta adjustment yang membuat foto tampak dramatis hanya dalam sekejap.

Afterlight di IOS – Rp. 12.000,-

6. Instagram

Sebenarnya tidak perlu perkenalan atau penjelasan lebih jauh, karena mayoritas pembaca belfot pastilah pengguna Instagram. Pada intinya, disinilah hampir semua teman anda berkumpul dan memamerkan foto mereka. Dan sejak dibeli Facebook, Instagram memang makin massif. Dengan komunitas aktif mendekati angka 300 Juta, anda bisa bayangkan kalau ada yang hobi motret namun nggak punya Instagram. Dari fotografer legendaris sampai anak SD, semuanya mengunggah foto ke Instagram. Gratis pula!

Dwonload Instagram – gratis.