Inspirasi

Film Dokumenter Ansel Adams

Ansel Adams The Tetons and the Snake River
The Tetons And The Snake River (Ansel Adams – 1942, foto via wikipedia).

Hanya sedikit fotografer yang menikmati popularitas internasional seperti Ansel Adams. Ansel Adams adalah ikon fotografi, seorang master dan pecinta alam sejati. Foto-foto landscape yang dihasilkannya, terutama yang mengabadikan Taman Nasional Yosemite adalah simbol kesempurnaan fotografi yang menakjubkan. Ansel juga menciptakan teknik memotret dan proses kamar gelap secara kreatif untuk mencapai detail dan kontras maksimal dalam foto-foto hitam putihnya.

Kalau anda memiliki waktu luang sekitar 20 menit, silahkan nikmati dua film dokumenter yang merekam kehidupan dan kerja sang ikon fotografi landscape. Film singkat ini dibuat tahun 1958 saat Ansel masih sangat aktif memotret. Kita bisa melihat isi rumahnya, ketertarikannya pada musik, opininya mengenai seni serta pendapatnya mengenai kamera dan teknik fotografi.

Film Dokumenter Ansel Adams Bagian Pertama:

Film Dokumenter Ansel Adams Bagian Kedua:

Selain itu, film ini juga meenggambarkan bagaimana proses kerja Ansel Adams dalam menghasilkan foto. Kita bisa melihat bagaiaman dia dengan teliti menghitung exposure untuk kameranya sampai bagaimana proses kamar gelap yang ia lakukan. Dan jangan kaget melihat bkalau saat berangkat memotret, Ansel Adams bisa membutuhkan 8 tas kamera sekaligus karena saking banyaknya peralatan yang dia bawa.