Tips dan Trik Fotografi

6 Tips Memotret Wajah Dengan Karakteristik Khas

Kadangkala kita diminta memotret wajah teman atau kenalan yang memiliki karakteristik wajah yang khas (dalam pengertian kurang baik, misalnya: hidung yang pesek, pipi tembem, kupingnya gede dll) – karena tiada manusia yang sempurna.

Kita bisa mencoba beberapa teknik pemotretan tertentu agar teman tadi tetap kelihatan oke, teknik pemotretan ini bertujuan mengurangi “efek negatif” dari karakteristik yang sudah disebutkan tadi.

foto wajah by sektor dua

Berikut tipsnya:

  1. Jika kepala teman anda botak, potretlah dari angle yang rendah (kamera agak mendongak keatas) dan jika anda menggunakan pencahayaan tambahan, usahakan agar tidak ada sumber cahaya yang memantul di kepalanya
  2. Jika wajahnya memiliki kerutan yang banyak atau banyak jerawatnya, gunakan sumber cahaya yang arahnya dari depan, bukan dari samping. Cahaya yang datang dari samping akan memperjelas tekstur kerutan ini
  3. Jika teman anda telinganya gede, aturlah pose mereka supaya hanya satu telinga yang terlihat dan usahakan agar telinga yang terlihat ini tidak tampak menonjol
  4. Jika teman anda pesek, potretlah dari depan dan aturlah pose-nya agar muka menatap lurus ke depan.
  5. Jika teman anda dagunya berlipat dua, aturlah pose-nya agar menatap lurus ke kamera dan usahakan agar kepala agak condong ke depan sehingga lipatan dagu berkurang
  6. Jika wajah teman lumayan tembem, kasih tahu supaya diet (he he) lalu aturlah pose-nya agar menatap serong ke kanan atau kiri namun jangan sampai lurus ke samping, serong sedikit saja.

kredit foto; sektor dua

catatan: foto diatas hanya sebagai contoh, modelnya cantik dan tidak ada masalah apapun dengan wajahnya.

19 komentar

  1. wah, gimana kalo tmn gw botak, byk kerutan , telinganya gede , pesek ,dagunya berlipat 2 , trus tembem lagi..!
    gmn ngatasinnya??

  2. butir ke 6:
    Jika wajah teman lumayan tembem, kasih tahu supaya diet (he he) lalu aturlah pose-nya agar menatap serong ke kanan atau kiri namun jangan sampai lurus ke samping, serong sedikit saja.

    wakakakakak,,,,wakakakakak,,,

  3. Jika wajah teman lumayan
    tembem, kasih tahu supaya diet
    (he he) lalu aturlah pose-nya agar
    menatap serong ke kanan atau kiri
    namun jangan sampai lurus ke
    samping, serong sedikit saja.

    @tersinggung saiah… padahal bisa wa nilai plus tuh… kan nyeni… hehe

  4. whaw keren pak.. saya paling suka motret muka orang dari serong kiri, saya taro mukanya di sepertiga bagian foto.. belakangnya saya usahain bokeh.. hehe..

  5. wah,, klo saya menfoto model terutama wanita,, kenapa ya kebanyakan dari mereka suka banget foto kepalanya di miring2in >_<

  6. Hi,

    sy newbie nie dalam penggunaan kamera SLR, kamera sy canon 500D, dengan lensa EF 50mm 1:1.8. sy paling suka foto close up istri saya. yang mau saya tanyakan kenapa hasil foto close up tersebut sangat tajam, dalam artian dengan jarak 75 cm, hasilnya sampai terlihat pori2 kulit atau kerutan di wajah, bagaimana cara menghilangkan/menghaluskan hasil foto (selain dengan photoshop tentunya).

    Terima kasih.
    Salam

    1. Bisa pakai SotoShop, pakai layer dan gaussian blur, banyak tutorialnya koq di google. Dengan demikian tetap bisa sharp di mata, tapi kulit mulus

  7. untuk menghaluskan yang tadinya di foto 75 cm skrng ambil aja dari jarak 75m pasti tidak akan terlihat.
    menurut iklan di TV untuk menghaluskan wajah diolesin aja pakai ponds

    kwekekeekkkkkkekkkkkeeeee

  8. Naik kursi/tangga sedikit (jangan sampai dari atas tapinya yak) supaya lipatan leher agak berkurang, leher terlihat lebih jenjang hehehe

Komentar ditutup.