6 Fotografer Memotret Orang Yang Sama Dengan Hasil Yang Sangat Berbeda

Canon membuat sebuah eksperimen: enam fotografer profesional dipanggil untuk membuat foto portrait satu orang yang sama. Dan masing-masing fotografer ini diberi informasi berbeda tentang latar belakang orang tersebut. Satu fotografer diberi tahu bahwa yang akan dipotret adalah narapidana. Fotografer lainnya diberitahu bahwa sang model adalah nelayan, yang lain diberitahu bahwa dia seorang pecandu alkohol, miliarder, paranormal dan begitu seterusnya.

Masing-masing fotografer diberi kebebasan untuk berinteraksi dengan sang model dan memilih lighting yang sesuai untuk sesi pemotretan mereka. Hasilnya sangat unik, karena persepsi masing-masing fotografer tentang latar belakang model yang berbeda ternyata sangat mempengaruhi citarasa foto potret yang mereka hasilkan.

Fotografer yang diberitahu akan meotret seorang “nelayan” menggambarkan subjeknya terlihat riang dan seperti orang biasa, saat memotret “miliarder” ¬†fotografer memperlihatkan model adalah orang yang sangat percaya diri, sementara yang memotret “anggota tim SAR” memperlihatkan sisi lembut dan baik hati sang model. Begitu pula saat fotografer yang akan memotret “narapida” menggambarkan subjek sebagai orang yang keras dan menjaga jarak.

Berikut ini hasil foto potret masing-masing fotografer dengan persepsi latar belakang subjek yang berbeda:

Subjek adalah seorang paranormal

Paranormal

Subjek adalah anggota tim penyelamat – SAR

SAR

Subjek adalah narapidana

Napi

Subjek adalah seorang miliarder

Miliarder

Pada akhirnya, perbedaan citarasa pada foto-foto di atas memang menunjukkan bahwa sebuah foto lebih ditentukan oleh orang yang ada di belakang kamera (fotografer), bukan yang di depan kamera (subjek).

via petapixel dan reddit