Mobile

Update: 6 App Foto Terbaik Untuk Android

Dari ribuan app fotografi untuk smartphone dan tablet Android yang ada di Google Play Store, berikut belfot sarikan enam app foto terbaiknya. Ada app yang gratis dan ada juga yang berbayar. Silahkan baca, pilih lalu download 6 app foto Android  terbaikini (psst… pengguna iPhone silahkan baca ini):

1. CameraZoom FX

camerazoom-fx

Ada begitu banyak pilihan app kamera di Play Store, namun kalau anda benar-benar ingin mencari yang fitur-nya paling komplit dan salah satu yang terbaik,  CameraZoom FX adalah pilihannya. Sebagai app fotografi, CameraZoom FX jauh lebih baik dibandingkan app kamera bawaan. Anda bisa mengaktifkan shutter melalui suara, pemotretan mode stabil dimana kamera hanya mau aktif saat kita tenang dan stabil, burst mode (foto berondongan) sampai 10 kali dalam satu detik, anda bisa dengan gampang mengubah parameter pemotretan (white balance-autofocus-nighshot dll), bahkan dilengkapi optikal/digital zoom. CameraZoom FX mengklaim dirinya sebagai app kamera tercepat di Play Store, dan klaim tersebut tak banyak meleset.

Dalam urusan edit foto app ini juga cukup handal. Selain fitur editing standar seperti crop-rotate atau kolase, tersedia 40 efek filter untuk menyulap foto: dari retro, vignette, tilt-shift, polaroid sampai LOMO sampai yang lucu-lucuan untuk membuat meme.

CameraZoom FX – Rp. 35.000,-

2. Instagram

instagram-android

Instagram menjadi fenomena karena keunikan dari foto-foto yang dihasilkannya, komunitas yang massif (lebih dari 300 juta pengguna) serta kemudahan sharing ke jejaring sosial lainnya. Sejak dibeli facebook, Instagram kian besar, canggih serta handal. Dari anak SD sampai fotografer legendaris, semua punya akun Instagram. Kalau anda mencari yang kompleks dan ribet, Instagram bukan tempatnya, dan Instagram justru laris manis karena kesederhanaannya.

Instagram untuk Android – Gratis

3. Google Camera

Google-camera-app

Kalau anda ingin menggunakan app kamera yang memang benar-benar dirancang, didesain dan dibuat oleh Google (pemilik OS Android), gunakan app kamera resmi dari Google ini. Tampilan app Google Camera ini tampak minimalis dengan layout yang bersih dan tidak sibuk. Cocok bagi anda yang ingin fokus memotret dan melupakan yang lain.

Namun begitu, semua fitur penting juga tersedia: HDR, exposure compensation, mode panorama (yang menurut belfot sangat canggih) serta Photo Sphere, dimana kita bisa membuat foto 360 derajat yang keren itu. Kalau anda hanya butuh memotret dan tak butuh yang neko-neko, app ini sangat pas.

Google Camera – Gratis.

4. Snapseed

Bicara tentang app untuk memproses foto dan menambah filter, susah mencari yang lebih baik dibandingkan Snapseed. Sejak dibeli oleh Google, app ini makin matang dan mulus. Fitur Auto Correct yang dimiliki Snapseed seringkali sudah cukup untuk memperbaiki foto keluaran kamera bawaan smartphone kita. Kalaupun anda tidak puas, Snapseed juga memberi level kontrol yang sangat besar untuk mengedit foto.

Fitur paling jago dari Snapseed adalah Selective Adjust, dimana kita bisa memperbaiki bagian tertentu dari foto kita (saat memotret teman, kita bisa mengedit bagian muka saja). Sementara itu, Tune Image dirancang untuk memperbaiki atmosfer foto secara keseluruhan.

Snapseed – Gratis.

5. VSCO Cam

vsco-cam-android

VSCO Cam sebenarnya tidak berbeda jauh dibanding Instagram, namun bagi anda yang bosan melihat tampilan filter Instagram punya teman-teman, VSCO Cam adalah alternatif yang tidak kalah keren. VSCO Cam menawarkan paket preset yang harus diakui hasil fotonya lebih keren dan *subtle* dibanding Instagram.

VSCO Cam juga memiliki komunitas fotografer yang diberi nama VSCO Grid, dimana kita bisa mengunggah foto untuk dikomentari anggota komunitas, Meskti tidak sebesar Instagram, VSCO Cam adalah pilihan mereka yang anti-mainstream.

Download VSCO Cam gratis.

6. Photoshop Touch

photoshop-touch-android

Kalau anda menggemari fotografi, pasti nama photoshop sudah tidak asing lagi. Photoshop ibarat gudang yang penuh dilengkapi peralatan untuk menyulap foto menjadi apapun yang anda inginkan. Nah, Adobe bermaksud memindahkan sebagian kecil kemampuan Photoshop versi PC kedalam smartphone dengan Photoshop Touch ini. Dengan Photoshop Touch, anda tak perlu lagi menenteng laptop untuk mengedit foto anda. Otak-atiklah foto sesuai keinginan cukup dari smartphone/tablet android: crop-rotate-tweaking warna sampai dengan beragam efek artistik standar industri tersedia untuk mempercantik foto anda. Kalau anda sangat menyukai layer, burning-dodging-brush dan lain-lain dalam photoshop, app ini wajib anda miliki. Salah satu kelemahan menurut pengalaman belfot adalah app ini lumayan boros makan baterai smartphone anda.

Photoshop Touch for Android – Rp. 58, 000,- Ada versi Tablet dengan harga lebih mahal.

Diupdate terakhir: Januari 2015