5 Kamera Kompak Yang Bisa Bersaing Dengan Kamera DSLR

Saat mendengar kata kamera kompak, mungkin yang pertama terbesit di benak anda adalah kamera mungil dan ringan dengan kualitas gambar yang dihasilkan juga payah. Namun 5 kamera kompak berikut ini bisa mengubah pandangan anda. Mereka tetap kecil dan ringan, meski tidak semua bisa dimasukkan ke kantong, namun kualitas gambar yang dihasilkan juga jempolan. Tidak kalah dengan kamera DSLR.

Kalau anda lebih suka kamera yang kecil, ringkas, simpel dan tidak menyita perhatian namun menghasilkan gambar yang kualitasnya tidak kalah (atau bahkan unggul) dibanding kamera DSLR yang besar, berat dan ribet, silakan simak. Berikut kelima kamera tersebut:

1. Nikon Coolpix A

Dibalik ukurannya yang mungil, Nikon Coolpix A memiliki sensor yang besar, berukuran APSC (DX dengan istilah Nikon), dan jenis sensor yang sama dengan yang digunakan di Nikon D7000 serta menggunakan prosesor gambar Expeed 2 sehingga noise bisa ditekan.

Nikon coolpix a

Lensa yang dipakai Coolpix A adalah lensa prime 18mm (setara 28mm) f/2.8 untuk menjaga ukuran yang mini. Kualitas lensa ini baik namun tidak bisa dibilang istimewa. Kamera ini menghasilkan gambar dengan resolusi 16,2 megapiksel.

Kecepatan autofokus Coolpix A juga memadai, meski tidak akan bisa dibandingkan dengan DSLR. Kamera kompak tidak dirancang untuk digunakan memotret pertandingan olahraga, jadi jangan berharap kecepatan autofokus yang instan seperti kamera DSLR.

Kalau anda mencari kamera yang bisa masuk saku, sederhana dan mudah dioperasikan, Nikon Coolpix A bisa menjadi pilihan. Nikon Coolpix A saat ini di jual di rentang harga antara Rp. 8 sampai 9 Juta.

2. Canon PowerShot G1X Mark II

Dari sisi ukuran, kamera ini lebih besar dibandingkan coolpix A yang kita ulas di atas, namun dibarengi dengan lensa zoom yang cukup kapabel. Rentang zoom lensa ini adalah 24–120mm dengan rentang aperture f/2.0 – 3.9, cukup multi guna di setiap situasi dan gaya pemotretan. Dan dengan bukaan maksimal f/2, anda akan mudah memperoleh bokeh saat membuat foto portrait dengan kamera ini.

Canon PowerShot G1X Mark II e
Sensor yang dipakai hanya sedikit lebih kecil dibandingkan APSC (1,5 inci CMOS) dan menggunakan prosesor Digic 6 yang banyak dipakai di DSLR Canon. Dengan kombinasi ukuran sensor yang besar serta prosesor yang canggih, kualitas gambar 12 megapiksel yang dihasilkan PowerShot G1X Mk2 ini juga mumpuni, mampu menandingi DSLR atau mirrorless kelas entry level.

Kalau anda mencari kamera kompak yang mendekati performa DSLR serta memiliki lensa zoom yang multi guna dan handal, susah mengabaikan Canon Powershot G1X Mark II ini, meski ukuran kamera satu ini tidak akan bisa masuk ke saku anda.

Canon PowerShot G1X Mark II saat ini dijual dengan harga sekitar Rp. 8 Juta.

3. Sony RX100 III

Generasi pendahulu kamera ini, Sony RX100 dan RX100 II dianggap sebagai produk terobosan yang sukses mengatasi kelesuan pasar kamera kompak diantara serbuan kamera ponsel pintar. Sony berhasil menyisipkan sensor berukuran 1 inci ke dalam body super mungil yang bisa masuk ke saku.

Sony rx100 iii

Ukuran sensor memang lebih kecil dibanding Coolpix A atau G1X Mark 2 di atas, namun sensor yang di pakai lebih modern dan lebih kapabel performa-nya. Apalagi kalau melihat hasil foto RX100 III pada ISO tinggi, kita akan terbelalak melihat bagaimana Sony mengatasi noise dengan body kamera semungil ini.

Lensa yang dipakai setara dengan panjang focal 24–70mm dan bukaan cepat f/1.8-f/2.8 dan dengan kualitas Carl-Zeiss. Dengan aperture maksimal f/1.8, meski ukuran sensornya lebih kecil dari APSC, dengan teknik yang tepat anda akan bisa menghasilkan bokeh yang bagus.

Kamera ini juga dilengkap electronic viewfinder kualitas tinggi dari pabriknya, jadi anda bisa mengintip objek layaknya kamera DSLR. Kualitas video yang dihasilkan kamera ini juga banyak dipuji dengan fitur yang banyak membantu proses video. Fitur lain adalah wi-fi dan app untuk transfer foto ke ponsel pintar anda. Semua dalam sebuah kamera yang bisa masuk ke saku anda.

Saat ini Sony RX100 III dijual di kisaran harga Rp. 10 Juta.

4. Fujifilm X100T

Fujifilm X100 datang dan memukau banyak orang dengan tampang retro klasik dan cara kontrol kamera yang unik serta viewfinder seperti kamera rangefinder. Generasi terbaru kamera seri ini adalah Fuji X100T.

Fuji x00t

Kamera ini menggunakan sensor X-Trans khas milik Fuji yang berukuran APSC dan memiliki resolusi 16 megapiksel. Lensa yang dipakai adalah lensa fixed 23mm f/2.0, bukan lensa zoom namun dengan panjang focal setara 35mm cukup fleksibel bagi mayoritas fotografer.

Keistimewaan Fuji X100T adalah kontrol kamera, dimana kita bisa mengatur aperture, shutter speed dan kompensasi dalam tombol masing-masing. Kamera ini juga dilengkapi viewfinder hybrid, elektronik dan optik dan anda bisa memilihnya dengan cepat.

Lensa yang dipakai Fuji X100T cukup istimewa: tajam, clarity bagus serta kualitas bokeh yang aduhai. Performa di ISO tinggi juga sangat bagus. Sayang fitur video yang disediakan Fuji masih cukup tertinggal jika dibandingkan Sony RX100 III. Fitur standar lain adalah wi-fi dan ND filter yang built-in.

Namun kalau bicara tentang kualitas gambar, performa di ISO tinggi dan kecepatan operasi saat memotret serta kualitas body kamera, akan sangat sulit bagi kamera kompak di atas mengalahkan Fuji X100T ini .

Kalau anda jenis fotografer yang tidak neko-neko, tidak terlalu mementingkan video serta menikmati kontrol/layout kamera klasik, Fuji X100T adalah pilihan paling oke. Dua catatan: ukuran fisik kamera ini memang tidak akan bisa masuk ke saku celana anda. Harganya juga relatif lebih mahal, sekitar Rp. 14,5 Juta, kalau budget menjadi penghalang, anda bisa membeli Fuji X100S atau Fuji X100 dengan harga yang jauh lebih murah. Setidaknya sensor, prosesor dan body dua kamera pendahulu ini sama dengan X100T meskipun beberapa fitur belum ada.

5. Sony RX1R

Dan kalau anda mencari kamera kompak dengan kualitas foto terbaik tanpa mempedulikan harga, maka Sony RX1R adalah jawabannya. Dengan ukuran fisik mirip Fuji X100T namun kamera ini dilengkapi sensor full-frame, prosesor kelas profesional serta tanpa filter anti-aliasing, Sony RX1R menjanjikan hasil foto super tajam dan kualitas gambar terbaik tanpa kompromi.

Sony rx1r

Dengan sensor full frame, Sony RX1R memiliki performa terbaik untuk ISO tinggi serta memiliki dynamic-range terbaik dibanding seluruh kamera di atas. Lensa fixed 35mm f/2.0 buatan Cral-Zeiss yang dipakai juga sangat istimewa, anda akan menghasilkan bokeh luar biasa dengan kombinasi ini. Semua masih ditambah kecepatan autofokus yang prima.

Kemampuan merekam video HD juga sudah cukup baik meski bukan itu alasan anda membeli kamera ini. Body Sony RX1R terbuat dari metal yang sangat solid dan kuat.

Satu hal yang patut disayangkan adalah Sony RX1R belum dilengkapi dengan wi-fi dan viewfinder bawaan, meski anda bisa membeli viewfinder sebagai aksesori terpisah.

Sony RX1R saat artikel ini dibuat dijual dengan harga sekitar Rp. 33 Juta, seperti saya bilang di atas, hanya bagi anda yang tidak peduli dengan harga dan hanya mencari kamera kompak dengan kualitas foto terbaik, bahkan mengalahkan mayoritas kamera DSLR yang ada.