5 Aplikasi Fotografi Keren Untuk iPad Anda

Bagi kita yang menyukai fotografi, iPad bisa menjadi gadget penunjang fotografi yang sangat membantu. Meskipun fungsinya sebagai kamera lumayan terbatas mengingat ukurannya yang besar sehingga susah dipegang serta kualitas lensa yang hanya 0,7 megapiksel, namun ukuran screennya yang cukup besar sangat cocok saat kita memanfaatkan iPad untuk mengedit foto tanpa harus repot menghidupkan komputer. Berikut saya pilihkan 5 aplikasi fotografi terbaik untuk iPad anda:

iPhoto (iPad,iPhone)

iphoto untuk ipad

Sebagai alat editing foto, iPhoto memiliki kemampuan luar biasa untuk mempermak foto-foto anda. Mudah dipelajari dan dipakai namun memiliki fitur yang tidak kalah dengan iPhoto edisi desktop (iPhoto dekstop adalah software yang selalu ada di komputer Mac). iPhoto untuk iPad memiliki beberapa fitur standar untuk mengedit foto seperti cropping, straightening, tuning eksposure, brush serta dilengkapi beberapa special efect yang bisa memoles foto kita secara instan. Dan mengedit foto dengan tangan kita langsung menyentuh layar memiliki sensasi tersendiri dibandingkan saat menggunakan mouse.

iPhoto juga dilengkapi fitur sharing foto dengan opsi yang lumayan lengkap, tap tombol share dan kita bisa mengirimkan foto dari iPhoto ke Facebook, Twitter, Flickr, Email dan lain-lain. Kita juga bisa mengirimkan foto dari satu iPad ke iPad lainnya (atau juga bisa ke iPhone) melewati jaringan wi-fi. Beberapa fitur tambahan yang cukup manis: Auto Horizon Detection (meluruskan foto landscape anda yang miring secara otomatis), Skin Tone Slider (untuk memperbaiki tone warna kulit), serta special efect (artistic, vintage, aura, black& white, duotone, warm & cool).

Snapseed (iPad, Iphone, iPod Touch)

Snapseed, seperti halnya iPhoto dipakai untuk mengedit foto di iPad anda. Snapseed menawarkan 11 macam opsi editing: Otomatis, Selective Adjust, Tune Image, Straighten & Rotate, Crop, Black & White, Vintage Films, Drama, Grunge, Center Focus dan Organic Frames. Sebelas opsi tadi masih dibagi lagi menjadi beberapa sub-opsi. Misalnya, dengan Tune Image, kita bisa mengotak-atik brightness, ambiance, kontras, saturasi warna dan white balance.

Sementara Selective Adjust memungkinkan kita mengedit sebagian kecil dari foto kita tanpa mengubah keseluruhan foto. Misalkan kita hanya ingin mengedit bagian wajah tanpa harus mengedit baju, pilih Selective Adjust dibagian wajah lalu kita ubah-ubah brightness/kontras atau saturasinya tanpa mempengaruhi bagian lainnya.

Softbox Pro (iPad)

softbox pro untuk ipad

Aplikasi ini berfungsi untuk mengubah iPad anda menjadi softbox, aktifkan Softbox Pro dan iPad anda seketika berubah menjadi sumber pencahayaan tambahan layaknya softbox. Softbox pro cukup keren dalam meniru fungsi sebuah softbox beneran, karena menyediakan opsi pencahayaan yang lumayan lembut bukan seperti flash. Silahkan pilih beberapa pattern, shape dan warna lalu sesuaikan brigtness-nya. Bagi kita yang memotret dalam kondisi gelap, Softbox Pro sangat membantu. Anda bisa melihat beberapa hasil jepretan foto dengan bantuan cahaya dari Softbox Pro di group flickr mereka.

Photogene (iPad)

Jika anda mencari aplikasi foto editor dengan fitur terlengkap untuk iPad anda, Photogene adalah salah satu yang terbaik. App ini dilengkapi fitur yang kompit: crop, rotate, straighten, dan adjustment untuk eksposure, saturasi, kontras, shadow, highlight, white balance, serta tint.

Selain itu Photogene juga menawarkan fitur Retouch, dimana kita bisa melakukan cloning, red eye removal, masking, dodging, burning, blur, grayscale dan efek khusus. Kalau anda menggemari efek vintage, silahkan pilih filter Lo-Fi. Kita juga bisa menambah frame unik, vignette dan menyisipkan teks kedalam foto dengan mudah.

100 Cameras in 1 (iPad)

100 cameras in 1 untuk ipad

Nama app ini sudah cukup deksriptif, memang menawarkan 100 preset filter untuk mempermak foto-foto anda, sangat banyak. Filter-nya juga dinamai dengan istilah yang lucu, semisal “The first smell of summer chlorine”. Setelah memilih sebuah filter, anda bisa melakukan adjustment dari menu dibagian bawah. Dari situ silahkan pilih beberapa mode blending yang ada: Hardlight, overlay, multiply, luminosity, screen, dodge serta hue. Begitu selesai mengotak-atik foto, anda bisa menguploadnya secara otomatis ke beragam pilihan: facebook, twitter, flickr, instagram, smugmug dan lain-lain.

Nah silahkan memilih mana yang paling cocok.