Download Tips dan Trik Fotografi

4 App Smartphone Ini Sangat Berguna Untuk Fotografer Landscape

Kalau hobi memotret pemandangan dan alam bebas (memburu sunset dan sunrise – memburu cahaya emas di puncak gunung dan pantai), kita tidak bisa hanya bergantung pada faktor keberuntungan. Perencanaan yang baik, teliti dan akurat seringkali menjadi faktor penentu.

Untuk memperoleh foto dengan cahaya alami terbaik, yang paling ideal adalah bila kita bisa membuat visualisasi karakteristik cahaya di lokasi hunting sebelum kita berangkat. Dengan bantuan app di bawah ini, kita bisa tahu lebih dulu posisi matahari di lokasi tertentu pada jam dan tanggal yang kita pilih. Jadi faktor keberuntungan bisa di minimalisir dan akurasi bisa ditingkatkan. Percuma kan kalau sudah  capek mendaki bukit untuk mengejar sunset tapi ternyata di bukit tersebut matahari akan terhalang bukit yang lebih tinggi di depannya?!

Berikut ini 4 app smartphone android dan ios yang kami pilih:

1. The Photographers Ephemeris (TPE)

App ini adalah salah satu yang paling populer di kalangan fotografer. Dengan TPE kita bisa mengetahui bagaimana sinar matahari/bulan akan jatuh di posisi spesifik (misal: candi borobudur) pada jam yang spesifik (jam 07.00) dan tanggal tertentu (15 Mei 2016).

App fotografer landscape photographers ephemeris

Anda tinggal masukkan lokasi, waktu dan tanggal dan App akan menunjukkan di sebelah mana matahari, berapa ketinggiannya dan ke arah mana sinarnya. App ini tidak gratis, tapi untuk fitur se-krusial itu, harganya masih sangat terjangkau.

Silakan download The Photographers Ephemeris untuk Android dan untuk IOS.

2. Pashadelic

Pashadelic sebenarnya mirip dengan TPE di atas, ada fitur untuk melihat posisi matahari dan arah sinarnya pada lokasi dan waktu yang kit apilih, meskipun dalam versi yang lebih simpel dan tidak selengkap TPE. Tapi kelebihan Pashadelic adalah kita tidak perlu membayar untuk menggunakan app ini. Kita harus bergabung menjadi member Pashadelic, karena ia mengandalkan komunitas yang saling berbagi lokasi foto untuk mendapatkan referensi spot foto landscape yang keren di wilayah masing-masing.

Video ini cukup menjelaskan fitur dan kelebihan apa saja yang ditawarkannya:

Coba unduh Pashadelic untuk Android dan untuk IOS.

3. Sun Seeker

Sun Seeker adalah salah satu app favorit karena mudah dipakai dan cukup canggih, bukan hanya bagi fotografer landscape namun juga bagi mereka yang ingin mengetahui posisi matahari di suatu lokasi dengan akurasi tinggi. Daya tarik utama Sun Seeker adalah fitur augmented reality 3D, cukup buka app di tempat anda berdiri maka dengan menggunakan kamera belakang smartphone ia akan menunjukkan di sebelah mana matahari berada dan jalur yang akan dilewati matahari sepanjang hari, lengkap dengan garis-garis ilustrasinya.

Kalau TPE handal untuk memperkirakan posisi matahari dalam scope landscape yang luas, maka Sun Seeker sangat handal untuk menentukan di posisi yang lebih detail dan sempit. Silakan lihat video singkat fitur Sun Seeker di bawah ini:

Silakan unduh Sun Seeker untuk Android dan untuk IOS.

4. SkySafari

Kalau anda gemar memotret konstelasi bintang, galaksi (astofotografi) menggunakan lensa standar maupun lensa teleskop, maka app SkySafari ini adalah salah satu yang terbaik dalam membantu menemukan objek yang dicari.

SkySfari memberi kita akses pada posisi 119 ribu bintang dan 220 galaksi serta posisi semua planet, komet dan bulan di sistem tata surya kita menggunakan data dari NASA. Dengan menggunakan GPS smartphone, SkySfari akan menunjukkan di mana posisi bintang, galaksi dan benda langit lainnya serta membantu mengidentifikasi mereka dengan lebih mudah dan cepat, lengkap dengan data pendukungnya.

Sky safariKalau anda hanya ingin memotret star trail dan langit malam, app satu ini sudah sangat memadai sebagai alat bantu. Jangan lupa, carilah lokasi yang langitnya jernih dan masih bebas dari polusi untuk mendapatkan hasil maksimal.

SkySfari untuk Android dan untuk IOS.

Nah, selamat memilih yang paling pas untuk kebutuhan dan seleramu.