Berita

Dear Netizen: Inilah 100 Fotografer Paling Populer di Media Sosial

Penilaian paling populer tentu saja subyektif karena ukuran popularitas selama ini tidak memiliki standar. Bagaimana kalau ukurannya adalah popularitas di internet dan sosial media? muncul pertanyaan, “bagaimana mengukur poularitas? jumlah follower media sosial? platformnya medsosnya apa dulu?” Serangkaian subkyektifitas inilah yang berusaha diurai sebuah perusahaan agensi foto Jerman, XXLPIX untuk menentukan daftar 100 fotografer terpopuler di internet ini.

XXLPIX mengacu dan mengukur popularitas fotografer berdasarkan sebuah ukuran bernama WPI, alias Web Popularity Index. Semakin tinggi angka WPI seorang fotografer, semakin tinggi peringkat mereka dalam daftar ini. Bagaimana cara mengukur WPI? dengan mengukur jumlah follower di platform sosial media, tingkat interaksi dengan follower (untuk mengindari jual beli follower), serta berapa sering karya si fotografer menjadi bahan pembicaraan netizen. Istilah keren mereka: WPI mengukur Reach, Interaction & Referencing.

Platform sosial media yang dipakai terutama adalah facebook, instagram, twitter, pinterest, flickr, tumblr, 500px. Jadi kalau ada fotografer hebat dan legendaris namun tidak punya akun instagram, ya namanya tidak akan masuk ke dalam daftar. Atau mungkin ada fotografer yang jago, punya instagram, twitter, facebook dll namun tidak pernah upload foto mereka ke akun tersebut ya percuma juga. Apakah Brandon Stanton yang memuncaki daftar ini adalah fotografer terhebat, lebih hebat dibanding Steve McCurry yang legendaris namun di peringkat 8? tidak. Namun Brandon jelas sangat populer di dunia maya dan media sosial, lebih populer dan interaktif untuk dunia media sosial dibandingkan Steve McCurry yang memang jauh lebih sepuh usianya. Sekali lagi, terpopuler di internet dan sosial media, itu istilahnya<.p>

Okelah, tanpa berpanjang kata inilah daftar 100 fotografer paling populer di internet menurut XXLPIX. Belfot muat 10 pertama saja ya, sisanya silakan lihat tautan di akhir artikel:

1. Brandon Stanton

Genre: Street Portrait.
Negara: Amerika.

Brandon memulai popularitasnya dengan memotret orang-orang di jalanan kota New York lengkap dengan kisah mereka, belfot pernah menulisnya cerita mengenai fotografer ini dalam artikel inspiratif ini. Saat ini Brandon sedang memuat seri kisah orang-orang yang dia temui di Indonesia. Ini salah satu contohnya:

2. Thomas Vijayan

Genre: satwa liar.
Negara: Kanada.

3. Said Mhamad

Genre: wedding.
Negara: Lebanon.

4. Mario Testino

Genre: Fashion.
Negara: Inggris

5. Murad Osmann

Genre: Lifestyle
Negara: Rusia

A post shared by MURAD OSMANN (@muradosmann) on

6. Paul Nicklen

Genre: Satwa
Negara: Kanada

7. Chris Burkard

Genre: Travel
Negara: Amerika

8. Steve McCurry

Genre: Dokumen
Negara: Amerika

9. Clark Little

Genre: Adventure
Negara: Amerika.

10. Teerry richardson

genre: Fashion
Negara: Amerika

Daftar lengkap 100 fotografer paling top di internet dan media sosial bisa anda lihat di laman resmi XXLPIX.

Tinggalkan Balasan