10 Film Tentang Fotografi Yang Sebaiknya Anda Tonton

Berikut ini 10 film keren dengan tema atau karakter yang berhubungan dengan fotografi atau fotografer. Mayoritas film yang diulas adalah film dokumenter yang merekam kehidupan dan karir fotografer, bertema utama fotografi dan prosesnya. Namun ada satu film drama super keren yang fotografi ada di dalamnya dan layak anda tonton.

Selamat berburu film-film ini dan semoga terinspirasi:

1. Born into Brothels: Calcutta’s Red Light Kids (2004)

Briski, seorang fotografer perempuan pergi ke Kalkuta (India) untuk memotret kehidupan pelacur di sana. Di Kalkuta dia berteman dan membangun hubungan akrab dengan anak-anak pelacur tersebut. Pada akhirnya, Briski berinisiatif memberi kamera pada anak-anak tersebut dengan harapan mereka belajar fotografi dan bisa memperbaiki hidup. Film ini merekam kehidupan anak-anak tersebut serta proses mereka belajar memotret serta menunjukkan hasil foto-foto mereka.

Born into Brothels

Film dokumentasi ini berhasil memenangi piala Oscar pada tahun 2004 untuk kategori Documentary Feature.

2. Finding Vivian Maier (2013)

Finding Vivian Maier 2013
Adalah film dokumentasi yang berusaha merekonstruksi kehidupan Vivian Maier, seorang fotografer perempuan yang tidak dikenal sampai karyanya ditemukan oleh John Maloof yang membeli satu peti berisi film negatif dari sebuah balai lelang. Dan foto-foto karya Vivian ternyata sangat fenomenal.

Belfot pernah menulis tentang Vivian Maier di sini.

3. The Salt Of The Earth (2014)

Adalah film dokumentasi yang mengikuti kehidupan fotografer legendaris asal Brasil, Sebastiao Salgado saat dia berkeliling dunia memotret peristiwa, konflik, kehidupan serta orang dengan lokasi dramatis dari Papua sampai Kutub Utara sampai Afrika. Film ini mendapatkan nominasi Oscar untuk kategori film dokumentasi terbaik tahun 2015 kemarin.

4. An Unlikely Weapon (2008)

Film dokumenter yang mengupas kehidupan Eddie Adams, fotografer yang termasyhur dengan foto yang merekam momen saat seorang kepala polisi Vietnam mengeksekusi pemberontak (serta foto gadis kecil vietnam yang berlari telanjang terkena bom napalm). Eddie diakui sebagai salah satu sosok yang mempengaruhi opini publik Amerika dengan foto-foto kekejaman perang sehingga mereka mulai menanyakan dan menentang perang vietnam dan akhirnya pemerintah mengakhirinya.

An unlikely weapon

Eddie Adams adalah satu jurnalis foto yang berpengaruh dan telah meliput 13 perang, 6 presiden Amerika dan hampir semua peristiwa bersejarah sepanjang 50 tahaun karir fotografinya. Lebih dari 500 penghargaan teleah ia terima, termasuk penghargaan tertinggi dalam jurnalistik, Pullitzer Prize.

5. Bert Stern: Original Madman (2011)

Film dokumenter tentang kehidupan dan karya fotografer fashion dan gaya hidup, Bert Stern. Selama karirnya, Bert telah memotret wanita-wanita tercantik di dunia: dari Marilyn Monroe, Bridget Bardot, Liz Taylor, Cindy Crawdford sampai Scarlett Johansson. Bert dijuluki Madman karena memiliki ide-ide yang unik dan segar untuk setiap foto-fotonya serta memiliki sifat sangat tengil.

6. City of God (2002)

City of god 2002Salah satu film drama terbaik di era 2000-an yang mengangkat tema kehidupan penuh kekerasan dan kejahatan di pinggiran Rio de Janeiro. Film ini memiliki plot utama perang antar geng yang saling membunuh dengan seorang fotografer menjadi salah satu tokoh utama di antaranya. Film ini juga menjadi nominasi pemenang Oscar untuk kategori sutradara, editing dan sinematografi.

7. War Photographer (2001)

Mengikuti dari dekat fotografer perang James Nachtwey saat dia bekerja di lapangan. James Nachtwey diakui sebagai salah satu fotografer perang terbaik yang masih aktif berkarya. Selain mengikuti Nachtwey dari dekat, film ini juga menyingkap gejolak pemikiran dan opini yang muncul di benaknya setelah bertahun-tahun melihat kekejaman perang dari jarak dekat.

8. Chevolution (2008)

Chevolution 2008

Film dokumentasi yang menceritakan proses terciptanya foto “Guerrillero Heroico“, foto potret gerilyawan marxist Che Guevara yang diambil oleh fotografer Kuba, Alberto Diaz Gutierez pada bulan Maret 1960. Foto ini lantas menjadi legenda dan tercatat sebagai foto yang paling banyak direproduksi di dunia. Anda pasti pernah melihat foto ikonik Che ini di suatu tempat; entah sebagai grafiti atau menjadi gambar kaos.

9. Visual Acoustics (2008)

Adalah film dokumentasi yang merayakan karir gemerlap fotografer arsitektur termasyhur Julius Shulman. Julius diakui sebagai fotografer arsitektur paling terkenal dan paling berpengaruh. Shulman adalah orang orang pertama yang konsisten menggunakan teknik perspektif satu titik dalam memotret bangunan terkenal.

10. Smash His Camera (2010)

Film dokumentasi ini menceritakan kehidupan paparazzi Amerika, Ron Galella. Majalah Time menyebut Ron Galella sebagai “Godfather of US paparazzi” dan fotografer ini pernah dituntut oleh istri mendiang JFK, Jacky Kennedy dua kali karena mengganggu privasinya. Tapi Ron Galella tidak akan pernah berhenti, sebelum dia berhasil memotret apa yang ingin dia potret.